2 DARI 5 PEREMPUAN INDONESIA MENDERITA OSTEOPOROSIS

id

     Jakarta (ANTARA) - Ketua Persatuan Warga Tulang Sehat Indonesia (Perwatusi) Pusat, Ida Wisnubaroto menyatakan bahwa dua dari lima perempuan Indonesia terserang osteporosis.
     Ida yang juga merupakan seorang dokter ini, menyatakan bahwa osteoporosis bukanlah penyakit yang harus diwaspadai oleh perempuan paruh baya atau sesudah menopause saja, tetapi juga oleh para perempuan muda.
     "Osteoporosis itu dipicu karena gaya hidup yang tidak sehat sejak muda, ini adalah 'silent disease' yang perlu diwaspadai, terutama oleh kaum perempuan," ujar Ida.
     Penyakit tulang yang banyak menyerang tulang belakang ini, dapat diantisipasi dengan nutrisi yang baik, serta olah raga yang benar dan teratur.
     "Panganan yang mengandung kalsium serta gizi berimbang merupakan nutrisi yang tepat untuk tulang," ujar Ida, yang menambahkann bahwa ikan teri merupakan nutrisi yang bagus sebagai pengganti susu.
     Selain itu, senam di pagi hari juga merupakan olah raga yang cukup baik untuk mencegah osteoporosis. "Senam itu kan murah meriah, sehat, apalagi cahaya matahari paling bagus untuk penyerapan kalsium dengan lebih baik," kata Ida.
(*)