KEMKOMINFO SOSIALISASIKAN INTERNET SEHAT-AMAN DI MATARAM

id

     Mataram, 28/2 (ANTARA) - Direktorat Jenderal Aplikasi Telematika Kementerian Komunikasi dan Informatika menyosialisasikan penggunaan internet yang sehat dan aman untuk kalangan pelajar di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

     Sosialisasi penggunaan internet sehat dan aman (insan) "go Indonesia" itu berlangsung di Kantor Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) di Mataram, Selasa, yang diikuti 400 orang pelajar SD hingga SMA/SMK.    

     Dirjen Aplikasi Telematika Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) Dr Ir Ashwin Sasongko, pada pembukaan sosialisasi mengatakan, kegiatan tersebut merupakan yang pertama di Indonesia, dan akan dilanjutkan di kota-kota lainnya Tanah Air.

     "Kegiatan ini pertama di Mataram, dan setelah ini akan dilanjutkan di kota-kota lainnya, agar penggunaan internet yang sehat dan aman terjadi di semua titik dalam wilayah Indonesia," ujarnya. 

     Ashwin mengatakan, Kemenkoninfo tengah mengimplementasikan program "Indonesian Conection" atau Indonesia tersambung melalui berbagai lokasi komunikasi, baik yang dilaksanakan sektor swasta yang mendapat lisensi, maupun yang didanai pemerintah.

     Sasaran program Indonesia tersambung yakni semua titik komunikasi difasilitasi berbagai peralatan komunikasi, dan dari infrasruktur komunikasi yang sudah terbangun, akses internet sudah bisa dilakukan dari berbagai titik.

     "Saya berharap NTB juga bisa akses internet dari semua titik, karena diwaktu lalu ada peresmian kampung berbasis internet untuk pengembangan ekonomi kreatif. Kini, penggunaan internet sehat dan aman," ujarnya.

     Penggunaan internet sehat dan aman itu, kata Ashwin, diharapkan terjadi di semua sekolah mengingat kemajuan tekonologi cepat berkembang dan mencuat konten-konten yang baik dan buruk.

     Konten yang baik berdampak positif terhadap kemajuan pengetahuan dan pembangunan, sebaliknya konten buruk akan membahayakan masa depan generasi muda penerus bangsa.

     "Karena itu, dilaksanakan sosialisasi penggunaan internet sehat dan aman, atau penggunaan internet hanya untuk hal-hal yang positif, dan tidak untuk hal-hal buruk," ujarnya.

     Menurut Ashwin, Kemkominfo menjalin kerja sama dengan semua sektor yang mengusahakan internet, agar bersama-sama berupaya memanfaatkan internet secara sehat dan aman.

     Kemkominfo juga terus berupaya mengajak semua komponen masyarakat untuk melaksanakan program internet sehat dan aman.

     "Sudah ada penandatanganan nota kesepahaman kerja sama di 2010, terkait gerakan bersama untuk menggunakan internet secara sehat dan aman. Selain ditandatangani Menkominfo, Menteri Agama dan Menteri Pendidikan Nasional, juga komponen masyarakat lainnya," ujarnya.

     Pada intinya, tambah Ashwin, semua sektor harus mengarahkan penggunaan internet secara sehat dan aman atau hanya untuk hal-hal positif.

(*)