UMUM - CALON KETUA UMUM KONI NTB BELUM MENCUAT

id

     Mataram, 9/4 (Antara) - Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) VI Nusa Tenggara Barat (NTB) akan digelar 21-23 April 2013, namun belum ada seorang pun kandidat calon Ketua Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) setempat yang mencuat.

     "Sampai hari ini belum ada satu pun bakal calon yang mendaftar atau mengembalikan formulir pendaftaran," kata Sekretaris Tim Seleksi dan Penjaringan Calon Ketua Umum KONI NTB M Nur Haedin, di Mataram, Selasa.

     Nur Haedin yang akrab disapa Edo mendampingi Ketua Tim Seleksi dan Penjaringan Calon Ketua Umum KONI NTB H Suhaimi, dan Ketua Umum KONI NTB periode 2009-2013 H MNS Kasdiono, saat menyampaikan keterangan pers terkait proses seleksi dan penjaringan calon Ketua Umum KONI NTB periode 2013-2017.

     Ia mengatakan, tahapan pendaftaran calon Ketua Umum KONI NTB periode empat tahun berikutnya itu telah dibuka sejak 25 Maret 2013 dan akan berakhir tiga hari sebelum Musorprov IV NTB dimulai.

     Tahapan pendaftaran tinggal 11 hari lagi, namun belum seorang pun yang mendaftarkan dirinya sesuai syarat dan kriteria yang ditetapkan.

     Persyaratan menjadi calon Ketua Umum KONI NTB itu mengacu kepada pasal 40 Undang Undang Nomor 3 Tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional, dan pasal 56 Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2007, dan Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga KONI.

     Selain itu, harus pernah menjadi pengurus KONI Provinsi NTB, dan atau Ketua Umum KONI kabupaten/kota dan atau pernah menjadi Ketua Pengurus Provinsi (Pengprov) Cabang Olahraga (Cabor).

     Syarat lainnya, yakni dukungan minimal lima anggota aktif KONI kabupaten/kota, dan atau pengurus cabor kabupaten/kota.

     "Dukungan tersebut hanya untuk satu bakal calon, tidak bisa dukungan ganda," ujar Edo.

     Sementara itu, Ketua Tim Seleksi dan Penjaringan Calon Ketua Umum KONI NTB H Suhaimi menambahkan, pihaknya tetap optimistis akan ada yang mendaftar sebagai bakal calon Ketua Umum KONI NTB pada sisa waktu 11 hari ke depan.

     "Kami yakin ada yang mendaftar, masih ada waktu. Nanti tanggal 19 April diumumkan nama-nama bakal calon yang mendaftar itu, sekaligus dilakukan verifikasi. Pada 20 April atau sebelum Musorprov dimulai akan dilakukan penetapan calon Ketua Umum KONI NTB yang akan disampaikan pada saat Musorprov digelar," ujarnya.

     H MNS Kasdiono selaku Ketua Umum KONI NTB saat ini, menyatakan masih tetap pada sikap dan pendiriannya untuk tidak maju memimpin KONI NTB untuk periode keduanya.

     Pada kesempatan itu, Ketua Panitia Pelaksana Musorprov VI NTB H Mufti Murad mengatakan, sedianya pesta demokrasi di jajaran KONI NTB itu akan digelar pada bulan Mei 2013, namun dipercepat menjadi 21-23 April 2013, disertai sejumlah pertimbangan logis.

     Salah satu pertimbangan logis itu yakni menghindari beragam asumsi terkait pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) NTB yang dijadwalkan 13 Mei 2013.

     "Agar tidak terjadi beragam asumsi terkait pilkada, maka pelaksanaannya dijadwalkan akhir April atau sebelum jadwal Pilkada. Pesertanya sektar 200 orang yang berasal dari anggota KONI provinsi dan kabupaten/kota, dan organisasi cabang olahraga," ujarnya. (*)