"Naskah RPJMD 2014-2018 sudah ada, perlu dimantapkan lagi sehingga dibutuhkan usulan dari berbagai pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah NTB H Chaerul Maksul.
Berita Terkait
Mataram (Antara Mataram) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) tengah memantapkan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode 2014-2018, yang akan diimplementasikan oleh gubernur dan wakil gubernur periode 2013-2018.

"Naskah RPJMD 2014-2018 sudah ada, perlu dimantapkan lagi sehingga dibutuhkan usulan dari berbagai pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah)," kata Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan daerah NTB H Chaerul Maksul, pada rapat koordinasi di Mataram, Jumat.

Rapat koordinasi itu dipimpin oleh Sekretaris Daerah (Sekda) NTB H Muhammad Nur, yang dihadiri seluruh pimpinan SKPD di jajaran Pemprov NTB.

Khaerul mengatakan, penyusunan naskah RPJMD NTB itu mengacu kepada visi dan misi Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi, dan Wakil Gubernur NTB H Muhammad Amin.

Visi dan misi itu disampaikan dalam sidang paripurna DPRD NTB, pada 26 April 2013, ketika empat pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur NTB diharuskan menyampaikan visi dan misinya, sebagai bagian dari proses pemilihan kepala daerah (pilkada).

Visi Gubernur dan Wakil Gubernur NTB periode lima tahun ke depan itu yakni NTB beriman dan bebrudaya, sejahtera dan berdaya saing.

Misinya mencakup tujuh hal pokok yakni mempercepat perwujudan masyarakat yang berkarakter, melalui pemantapan ketaatan beragama, peningkatan budi pekerti, dan pengembangan toleransi.

Selanjutnya, mengembangkan budaya dan kearifan lokal untuk pembangunan, melanjutkan ikhtiar reformasi birokrasi yang bersih, melayani, penegakan hukum yang berkeadilan, dan memantapkan stabilitas keamanan.

Meningkatkan mutu sumber daya manusia yang berdaya saing, melalui optimalisasi pelayanan pendidikan, kesehatan, keluarga berencana, dan kesejahteraan sosial yang berkualitas, terjangkau dan berkeadilan gender.

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat, mempercepat penurunan kemiskinan dan mengembangkan keunggulan daerah melalui industri pariwisata, agroindustri, dan ekonomi kreatif berbasis budaya, sumber daya lokal dan iptek.

Selain itu, melanjutkan percepatan pembangunan infrastruktur dan konektivitas antarwilayah berbasis tata ruang, dan memantapkan pengelolaan lingkungan hidup yang berkelanjutan.

Setiap misi yang akan dilaksanakan dalam kurun waktu lima tahun ke depan itu, memiliki tujuan dan sasarannya.

"RPJMD yang didasarkan pada visi dan misi Gubernur dan Wakil Gubernur NTB itu, nantinya setiap tahun dituangkan dalam RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah), dan itu yang menjadi dasar dalam penyusunan APBD setiap tahun anggaran," ujarnya.

RKPD itu pun, kata Khaerul, merupakan dasar bagi setiap SKPD dalam menyusun rencana strategis (renstra).

"Diharapkan, sepekan ke depan masing-masing SKPD sudah menyampaikan usulannya demi kemantapan RPJMD 2014-2018," ujarnya.(*)COPYRIGHT © 2014

Ikuti berita terkini di handphone anda di m.antaramataram.com

Komentar Pembaca
Kirim Komentar