Wali Kota Lepas 478 Calon Haji Mataram

id Pelayanan Calon Haji

Jamaah agar berniat baik bahwa berhaji untuk beribadahan karena Allah bukan karena yang lain-lain, serta mengamalkan sebaik-baiknya semua manasik haji yang sudah dipelajari.
Mataram,  (Antara)- Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh melepas 487 calon haji Kota Mataram musim haji 2014 di aula lantai tiga kantor wali kota setempat, Jumat.

Pelepasan calon haji Kota Mataram itu diawali dengan pengajian dan penyampaian tausiah oleh Syekh Ali Muhammad Ali Jaber Al Madani, sekaligus penyerahan secara simbolis bantuan seragam dan jaket dari Pemerintah Kota Mataram kepada para jamaah.

Wali kota dalam kesempatan tersebut mengatakan, bantuan seragam tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah terhadap calon haji.

Selain seragam, calon haji juga telah mendapatkan imunisasi influenza dan vaksin meningitis secara gratis dari Pemerintah Kota Mataram.

Di sisi lain, wali kota mengingatkan kepada semua jamaah untuk menjaga kesehatan dan menjaga kekompakan. Selain itu, jamaah diminta untuk mempersiapkan diri baik secara jasmani maupun rohani.

"Kesehatan merupakan modal utama untuk dapat melaksanakan semua rukun wajib dan sunnah haji," katanya.

Dia juga meminta kepada jamaah agar berniat baik bahwa berhaji untuk beribadahan karena Allah bukan karena yang lain-lain, serta mengamalkan sebaik-baiknya semua manasik haji yang sudah dipelajari.

"Sehingga para calon haji bisa melaksanakan ibadah haji dengan sempurna dan kembali menjadi haji yang mabrur," katanya.

Sebelumnya, Kepala Kantor Kementerian Agama Kota Mataram H Burhanul Islam mengatakan, sebanyak 487 calon haji asal Kota Mataram musim haji 2014 akan diberangkatkan dalam tiga kelompok terbang (kloter).

Tiga kloter tersebut, katanya, terdiri atas satu kloter utuh dan dua kloter campuran. Dengan rincian kloter utuh yakni kloter tiga dijadwalkan berangkat pada 3 September 2014 sebanyak 320 orang bersama tiga orang petugas haji.

"Kloter utuh ini akan masuk asrama haji di Jalan Lingkar Selatan pada 3 September 2014, dan diterbangkan ke Jeddah pada 14 September 2014 pukul 04.00 Wita," katanya.

Sementara kloter campuran pertama sebanyak 147 orang tergabung dalam kloter enam akan diberangkatkan 7 September 2014, bergabung dengan jamaah dari Kabupaten Lombok Timur dan Kabupaten Lombok Barat.

Terakhir sebanyak 27 orang tergabung dalam kloter 11 bersama jamaah dari Kabupaten Lombok Barat yang akan diberangkatkan 15 September 2014.

Menurutnya, sebanyak 487 orang calon haji Kota Mataram sampai saat ini sudah dinyatakan siap berangkat. Karena sebelumnya mereka telah melakukan berbagai persiapan termasuk manasik haji.