Anggaran Rp50 Miliar Jalan Lingkungan Dinilai Berlebihan

id Rp50 Miliar

Kalau itu benar diajukan eksekutif dalam APBD murni 2015, kita akan melakukan kajian. Sebab jumlah itu terlalu besar, terkesan berlebihan dan memaksakan diri
Mataram,  (Antara)- Anggota DPRD Kota Mataram I Wayan Sugiartha menilai langkah eksekutif yang merencanakan mengalokasikan anggaran Rp50 miliar untuk perbaikan jalan lingkungan dinilai berlebihan karena masih banyak pekerjaan rumah yang menjadi prioritas tahun 2015.

"Kalau itu benar diajukan eksekutif dalam APBD murni 2015, kita akan melakukan kajian. Sebab jumlah itu terlalu besar, terkesan berlebihan dan memaksakan diri," kata Sugiartha di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Jumat.

Politisi dari PDI-P ini menilai, alokasi anggaran untuk jalan lingkungan itu juga terkesan terbubu-buru apalagi ditargetkan sekitar 300 kilomter jalan lingkungan yang rusak harus rampung tahun 2015.

"Usulan ini memang bagus, karena bisa dirasakan langsung oleh masyarakat. Tetapi kita harus melihat juga sektor-sektor lainnya yang menjadi kebutuhan prioritas masyarakat lainnya," katanya.

Menurut dia, kendati pendapatan asli daerah (PAD) Kota Mataram kini disebutkan sudah lebih dari Rp150 milir, namun haruskah anggaran itu sebagian besar untuk jalan lingkungan.

"Padahal masih banyak sektor lainnya yang memerlukan penanganan seperti sampah dan penerangan jalan umum serta sektor-sektor lainnya," katanya.

Apalagi katanya ada rencana pemerintah untuk menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM), yang dampaknya bisa berimbas pada semua sektor perekonomian masyarakat.

"Hal ini juga harus diantisipasi dari sekarang, dengan membuat program penguatan ekonomi kerakyatan agar tidak terjadi krisis ekonomi," katanya.

Dia mengatakan, jika PAD difokuskan untuk jalan lingkungan, artinya anggaran juga akan fokus pada satu SKPD saja.

"Lalu SKPD lain bagaimana, apa mungkin anggarannya kosong, hal ini juga harus diperhatian pemerintah," katanya.

Oleh karena itu, ia berharap eksekutif tidak memaksakan diri untuk melaksanakan penuntasan jalan lingkungan pada tahun 2015.

Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh sebelumnya mengatakan, Pemerintah Kota Mataram akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp50 miliar dalam APBD murni 2015 untuk perbaikan jalan lingkungan sepanjang 300 kilometer di daerah itu.

Dikatakannya, perbaikan jalan lingkungan menjadi prioritas Pemerintah Kota Mataram karena jalan ini memberikan kemudahan akses lalu lintas bagi warga di lingkungan sekaligus mampu mengingkatkan perekonomian rakyat.

Ia mengatakan, jika melihat PAD Kota Mataram yang saat ini sudah cukup besar yakni mencapai lebih dari Rp150 miliar, maka perbaikan seluruh jalan lingkungan itu bisa dituntaskan pada tahun 2015.

"Akan tetapi, kita tetap menghitung kembali kemampuan kita. Bila memungkinkan anggaran jalan lingkungan bisa lebih dari Rp50 miliar, begitu juga sebaliknya," katanya.