NTB Tuan Rumah Kejuaraan Tingkat Asia

id Panjat tebing

NTB Tuan Rumah Kejuaraan Tingkat Asia

Ilustrasi - Panjat tebing (Ist)

Berbagai persiapan sudah mulai kami lakukan. Kami juga mengharapkan dukungan semua pihak agar kegiatan skala internasional itu berjalan lancar
Mataram,  (Antara) - Pengurus Provinsi Federasi Panjat Tebing Indonesia Nusa Tenggara Barat mempersiapkan diri sebagai tuan rumah kejuaraan panjat tebing tingkat Asia pada Oktober 2014.

"Berbagai persiapan sudah mulai kami lakukan. Kami juga mengharapkan dukungan semua pihak agar kegiatan skala internasional itu berjalan lancar," kata Ketua Harian Pengurus Provinsi Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Nusa Tenggara Barat (NTB) Fauji Yoyok di Mataram, Selasa.

NTB, kata dia, sudah mendapat persetujuan dari Pengurus Pusat FPTI untuk menggelar ajang bergengsi tersebut.

Pengurus Pusat FPTI memilih NTB sebagai tuan rumah karena lokasinya sangat mendukung dan memiliki sarana yang sudah memenuhi standar internasional, katanya.

"Ini akan menjadi kegiatan tingkat internasional yang pertama kali digelar di NTB. Tentu kegiatan ini bisa juga menjadi ajang promosi pariwisata daerah untuk itu kami sangat berharap dukungan dari Pemerintah Provinsi NTB," ujarnya.

Kejuaraan panjat tebing tingkat Asia sudah menjadi kalender tetap "International Federation of Sport Climbing" (IFSC), karena kegiatannya digelar di berbagai negara di Asia yang menyatakan diri siap menjadi tuan rumah.

Asian Championship yang akan digelar di Kota Mataram, NTB, kata dia, akan diikuti atlet dari 25 negara di kawasan Asia. Di antaranya, Jepang, Tiongkok, Kazakhstan dan Singapura.

Ia mengatakan bahwa kelas yang akan dipertandingkan adalah boulder, speed dan lead.

Yoyok menambahkan pada kegiatan internasional ini ada dua orang atlet asal NTB yang ikut ambil bagian, yakni Joni Satria dan Azhar. Keduanya akan masuk di kelas speed dan lead.

"Kedua atlet NTB itu akan bergabung dengan tim dari daerah lain di Indonesia, yang diutus oleh FPTI pusat," ucapnya.

Yoyok berharap Indonesia tidak hanya sukses menjadi tuan rumah, tapi juga sukses berprestasi dengan mendulang banyak medali emas.