Haji- 325 Calon Haji Mataram sudah di Mekkah

id Calon Haji

Haji- 325 Calon Haji Mataram sudah di Mekkah

Ilustrasi - Calon haji (Ist)

Kemarin kami mendapat informasi dari ketua kelompok terbang (kloter) tiga yang mengabarkan 325 calon haji Kota Mataram sudah berada di tanah suci Mekkah. Sebelumnya jamaah berada di Madinah
Mataram,  (Antara)- Kepala Kantor Kementerian Agama Mataram H Burhanul Islam mengatakan sebanyak 325 orang calon haji asal Kota Mataram musim haji 2014 yang tergabung dalam kelompok terbang tiga kini sudah berada di Mekkah.

"Kemarin kami mendapat informasi dari ketua kelompok terbang (kloter) tiga yang mengabarkan 325 calon haji Kota Mataram sudah berada di tanah suci Mekkah. Sebelumnya jamaah berada di Madinah," katanya di Mataram, Senin.

Burhanul yang ditemui usai pelepasan 27 calon haji Kota Mataram kloter 11 mengatakan, saat ini 325 jamaah tersebut telah selesai melaksanakan ibadah umrah untuk haji tamattu` dilanjutkan dengan berziarah ke sejumlah tempat bersejarah di Kota Mekkah.

Namun jamaah yang menggunakan haji ifrad sudah melakukan tawaf qudum, dilanjutkan dengan tawaf-tawaf sunah lainnya, dan berziarah ke tempat bersejarah di Kota Mekkah, sambil menunggu proses haji selanjutnya.

"Alhamdulillah 325 calon haji Kota Mataram saat ini dalam keadaan sehat walafiat," katanya.

Sementara untuk 140 orang calon haji pada kloter enam yang merupakan kloter campuran dengan 90 orang calon haji dari Kabupaten Lombok Barat, 64 orang dari Kabupaten Lombok Utara dan 72 orang dari Kabupaten Lombok Timur, saat ini sedang melaksanakan shalat arbain yang merupakan hari terakhir di Kota Madinah.

Setelah melaksanakan shalat arbain, jamaah akan melanjutkan perjalanan ke tanah suci Mekkah, menyusul jamaah yang masuk dalam kloter tiga.

Sedangkan sebanyak 27 orang jamaah kloter 11 yang akan diberangkatkan pada pukul 03.55 WITA dini hari nanti menggunakan pesawat Garuda 511, akan langsung menuju Mekkah. Jamaah kloter 11 ini tidak singgah ke Madinah seperti jamaah sebelumnya pada kloter tiga dan enam.

"Namun jamaah kloter 11 ini akan menuju ke Madinah untuk shalat arbain setelah proses haji di tanah suci Mekkah selesai," katanya.

Dengan demikian, begitu jamaah kloter 11 tiba di Mekkah akan langsung menuju hotel nomor dua, sektor delapan di daerah Jarwal dengan jarak sekitar satu kilometer ke Masjidil Haram.

Dengan keberangkatan 27 calon haji Mataram tersebut, maka sebanyak 387 calon haji asal Kota Mataram musim haji 2014 telah habis diberangkatkan ke tanah suci Mekkah.