Panjat tebing - FPTI berharap Panjat Tebing ikut Asian Games

id FPTI

Panjat tebing - FPTI berharap Panjat Tebing ikut Asian Games

Kegiatan panjat tebing (Dhimas)

Olah raga yang dipertandingkan pada Asian Games tergantung dari tuan rumah yang menetapkan, jadi Indonesia punya kesempatan untuk mempertandingkan olah raga panjat tebing
Mataram,  (Antara) - Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) berharap olah raga panjat tebing diikutsertakan dalam pertandingan di Asian Games XVIII saat Indonesia menjadi tuan rumah penyelenggara pada 2018.

Wakil Presiden FPTI Dino Izaak saat dihubungi wartawan, Senin, mengatakan setiap tuan rumah berhak menetapkan cabang olah raga yang akan dipertandingkan dalam Asian Games tersebut.

"Olah raga yang dipertandingkan pada Asian Games tergantung dari tuan rumah yang menetapkan, jadi Indonesia punya kesempatan untuk mempertandingkan olah raga panjat tebing," katanya.

Hal itu diusulkan berdasarkan prestasi para atlet putra dan putri Indonesia yang mampu bersaing dengan para juara dunia ketika berlaga di "Asian Sport Climbing Championship" (ASCC) 2014 pada 1-3 Oktober. Indonesia berhasil merebut tiga medali emas dari 12 negara di Asia yang ikut bertanding.

"Kalau panjat tebing dipertandingkan dalam Asian Games XVIII mendatang, kami percaya atlet Indonesia akan banyak meraih medali," katanya.

Ia mengatakan, FPTI dan para atlet terus bekerja keras untuk mendapatkan dukungan dan kepercayaan dari pemerintah. "Para atlet harus tetap menonjolkan prestasi yang membanggakan dan mengharumkan nama Indonesia agar pemerintah melirik olah raga ini," ujar Dino.

Menurutnya, dengan menonjolkan prestasi, FPTI akan berani berbicara dengan pemerintah untuk merekomendasikan agar olah raga panjat tebing diikutsertakan dalam pertandingan Asiann Games XVIII tahun 2018.

"Kami berharap pemerintah membantu dan mendukung para atlet Indonesia bersaing di kancah internasional," ujarnya.

Ia juga mengharapkan peran media massa untuk terus memberitakan para atlet panjat tebing Indonesia yang berprestasi di tingkat internasional.

"Dengan publikasi media, pemerintah nantinya bisa melihat dan menyadari bahwa ada prestasi anak bangsa dari panjat tebing, tidak hanya olah raga bulu tangkis atau sepak bola," katanya.

Indonesia dipastikan menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games XVIII mendatang berdasarkan ketetapan Dewan Olimpiade Asia. Indonesia secara resmi menggantikan Vietnam yang mengundurkan diri terkait krisis ekonomi di negaranya.

Kementerian Pemuda dan Olahraga juga telah menetapkan tiga kota tempat pelaksanaan Asian Games XVIII tahun 2018 yakni Jakarta, Palembang, dan Bandung. ***3***

(U.KR-DBP/B/E005/E005) 06-10-2014 14:42:30