NTB banyak lokasi "Surfing"

id Surfing NTB

NTB  banyak lokasi "Surfing"

Ilustrasi - Pantai Lakey (Ist)

Lokasi pantai yang cocok untuk bermain `surfing` tersebut antara lain di Pantai Lakey, Kabupaten Dompu dan ini telah bertarap internasional, kemudian pantai Kuta Lombok Tengah dan di Pantai Senggigi, Lombok Barat
Mataram,  (Antara) - Di Nusa Tenggara Barat, terdapat banyak lokasi pantai yang cocok untuk olah raga berselancar atau "surfing", bahkan ada yang bertaraf internasional.

"Lokasi pantai yang cocok untuk bermain `surfing` tersebut antara lain di Pantai Lakey, Kabupaten Dompu dan ini telah bertarap internasional, kemudian pantai Kuta Lombok Tengah dan di Pantai Senggigi, Lombok Barat," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB M Nasir di Mataram, Jumat.

Khusus untuk Pantai Lakey, Dompu sudah dikenal oleh masyarakat internasional dan setiap tahun selalu digelar kejuaraan "surfing" internasional dengan peserta cukup banyak.

Pada tahun 2013 jumlah peserta yang ikut kejuaraan "surfing" internasional lebih dari 300 peserta berasal dari berbagai negara seperti Australia, Jerman, Belanda dan Amerika.

Pemerintah kini telah membangun berbagai fasilitas di Lakey seperti tempat penginapan atau hotel, tempat istirahat dan fasilitas MCK (mandi, cuci, kakus) umum serta menara pantau dipergunakan untuk memantau aktivitas "surfing".

"Di samping itu, yang lebih penting adalah pembuatan jalan menuju Lakey kini sudah berhotmix, sehingga waktu tempuh ke Lakey semakin cepat. Sebelumnya waktu yang dibutuhkan ke Lakey dengan menggunakan roda empat sekitar tiga jam, namun telah jalan bagus dapat disingkat menjadi dua jam per jalanan," katanya.

Sementara lokasi "surfing" lainnya seperti di Senggigi dan Kuta hingga saat masih dipergunakan sebagai tempat latihan atau hiburan oleh masyarakat dan belum ada dibangun menara pantau.

"Ke depan kita akan bangunkan berbagai fasilitas di lokasi tersebut sehingga wisatawan terutama wisatawan asing yang ingin melakukan olah raga "surfing" tidak harus datang ke Dompu," katanya.

Lokasi lainnya, juga di sekitar pantai Bangko-Bangko dan turis banyak yang melakukan "surfing", namun setelah selesai para turis tersebut kembali ke Bali dan tidak menginap di Lombok.