Pengusaha Turki berikan Motivasi Berwirausaha

id Pengusaha Turki

Mereka sudah menyatakan kesiapan dan kesanggupannya memberikan materi motivasi dalam sesi acara diskusi panel dan motivasi
Mataram,  (Antara)- Lima pengusaha sukses dari Turki menyatakan siap memberikan motivasi berwirausaha dalam "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" pada 28-30 November 2014 di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Mataram Lalu Martawang di Mataram, Senin, mengatakan lima pengusaha sukses yang bergerak dalam berbagai bidang dari Turki itu merupakan mitra kerja dari komunitas tangan di atas (TDA).

"Mereka sudah menyatakan kesiapan dan kesanggupannya memberikan materi motivasi dalam sesi acara diskusi panel dan motivasi," katanya.

Dikatakannya, kegiatan "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" ini akan dilaksanakan secara serentak pada 12 kota di Indonenesia, salah satunya di Kota Mataram.

Martawang mengatakan, "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" bertujuan untuk meningkatkan semangat kewirausahaan di kalangan pelaku usaha, khususnya generasi muda di Kota Mataram.

Kegiatan ini diharapkan mampu memberikan stimulus bagi generasi muda yang memiliki kepedulian dalam mengembangkan wirausaha, karena menjadi wirausaha dapat menjanjikan masa depan yang lebih baik.

"Para generasi muda tidak hanya ingin mengejar status menjadi pegawai negeri sipil (PNS), sebab wirausaha membuka ruang lebih luas untuk lebih sukses," ujarnya.

Selain itu, meningkatkan kapabilitas dan kapasitas usaha pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Mataram, serta memberikan pemahaman yang sama teradap peluang dan tantangan atas diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA).

Selain itu, katanya, membangun jaringan usaha antara pelaku usaha di Kota Mataram dan Pemerintah Kota Mataram menjalin mitra usaha dengan negara anggota ASEAN yang dituangkan dalam kesepakatan bersama secara tertulis.

"Kegiatan ini merupakan bagian dari target pencapaian 5.000 wirausaha baru di Kota Mataram," katanya.

Ditanya tentang persiapan Kota Mataram sebagai tuan rumah, Martawang mengatakan, saat ini sudah mencapai sekitar 70 persen.

"Sekarang tinggal menunggu hari pelaksanaan untuk mempersiapkan lokasi-lokasi acara, sebab berbagai bersiapan koordinasi dan lainnya sudah final. Kami tinggal melakukan rapat pemantapan sekali lagi pada pekan depan," katanya.

Dikatakannya, kegiatan "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" direncanakan akan diikuti sekitar 400 orang hingga 500 orang peserta, terdiri atas pelaku usaha dan calon pelaku usaha sebanyak 230 orang.

Mitra kerja usaha dari 10 negara ASEAN sejumlah 50 orang termasuk di dalamnya utusan dari Turki. Selain itu, akan diikuti 120 orang dari pengurus komunitas TDA se-Indonesia.

Kegiatan "Pesta Wirausaha Asia Tenggara" akan dirangkaikan dengan beberapa agenda acara yakni, "welcome dinner", diskusi panel, seminar, "workshop", "city tour" dan pameran.