Kecelakaan Kerja di Unram seorang Tewas

id Pekerja di Unram

Pekerja yang tewas akibat kecelakaan pada Selasa (2/12) itu adalah Tora (32) asal Lamongan, Jawa Timur
Mataram,  (Antara) - Kecelakaan kerja dalam proses pembangunan gedung kuliah bersama di Universitas Mataram menewaskan seorang pekerja dari PT Kreatif Abadi Indonesia.

Pekerja yang tewas akibat kecelakaan pada Selasa (2/12) itu adalah Tora (32) asal Lamongan, Jawa Timur. Selain Tora, empat korban lainnya yang mengalami luka-luka adalah Ujang (34), Sarifudin (33), Yasto (38), dan Bayu (34).

Ujang salah seorang korban yang mengalami patah tulang di bagian tangan kanannya, Rabu, menuturkan bahwa rekannya yang tewas dalam kecelakaan tersebut telah dijemput oleh pihak keluarga dan sudah dipulangkan ke kampung halaman pada Selasa (2/12).

Sedangkan tiga rekan lainnya yakni Sarifudin, Yasto, dan Bayu hingga kini masih mendapatkan perawatan medis di rumah sakit. "Ketiganya sudah siuman, dan kini masih dirawat," ujarnya saat ditemui di gedung kuliah bersama (GKB) Unram.

Menurut keterangan Ujang, kecelakaan kerja itu terjadi di saat sedang membongkar "crane". Ia menduga ada satu "pen" penguncinya patah mengakibatkan "crane" ambruk.

"Saya bersama tiga rekan lainnya berada di `crane` dengan ketinggian 12 meter dan satunya lagi di bawah. Kami bertugas untuk membongkarnya karena kontrak kerja sudah habis," ujarnya.

Saat kecelakaan itu, kata dia, dua rekannya yang berada di atas terjatuh, salah satunya adalah Tora. Sedangkan dirinya tersangkut besi dengan kondisi tangan kanan sudah patah.

"Saat itu saya sudah tidak sadarkan diri. Karena kepala saya terkena benturan keras," kata Ujang.

Ujang yang dijumpai di lokasi kejadian itu kini sudah dalam keadaan membaik, namun terlihat tangan kanannya terbalut kain putih dan masih terdapat luka memar di bagian kening dan lehernya.

Sementara itu, Poltak Aritonang, pemborong proyek pembangunan GKB Unram mengatakan bahwa saat kecelakaan itu dirinya tidak berada di tempat. "Saya waktu itu lagi di luar, jadi tidak tahu pasti kronologisnya," kata Poltak.

Namun ia membenarkan bahwa kontrak kerja dengan PT Kreatif Abadi Indonesia sudah selesai sejak 25 November 2014 lalu. "Kontraknya sudah selesai, jadi mereka lagi tahap pembongkaran alat," ujarnya.

Lebih jauh Poltak menuturkan bahwa pembangunan GKB Unram yang dilakukan sejak 12 Juli 2014 itu sebentar lagi akan selesai, pada 8 Desember 2014 rampung sesuai target. "Kami sebenarnya dalam tahapan `finishing`, minggu depan bangunan ini sudah jadi," katanya.