Investor Tiongkok jajaki bangun Kereta Gantung Rinjani

id Gunung Rinjani

Investor Tiongkok jajaki bangun Kereta Gantung Rinjani

Gunung Rinjani (Ist)

Insya Allah, mudah-mudahan tahun 2015 investor Cina akan membangun kereta gantung dari Lombok Tengah menuju Danau Segara Anak
Mataram,  (Antara) - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat menyatakan sedang menjajaki kerjasama dengan investor asal Tiongkok untuk membangun kereta gantung dari kawasan Karang Sidemen menuju Danau Segara Anak, Gunung Rinjani.

"Insya Allah, mudah-mudahan tahun 2015 investor Cina akan membangun kereta gantung dari Lombok Tengah menuju Danau Segara Anak," kata Bupati Lombok Tengah, H Moh Suhaili FT di Mataram, Minggu.

Menurut dia, dengan beroperasinya kereta gantung tersebut akan lebih memudahkan para wisatawan yang ingin mendaki Gunung Rinjani tanpa harus melakukan tracking dari bawah, tetapi memulai perjalanan kaki dari kawasan hortipark Lombok Tengah menuju Danau Segara Anak.

Sebab, menurutnya, dalam satu jam, kereta gantung tersebut akan mampu mengangkut sekitar 300 orang, baik dari Lombok Tengah hingga menuju Danau Segara Anak dan begitu sebaliknya.

"Mudah-mudahan ikhtiar kami ini mendapat kemudahan sebagai pemacu dan pemicu untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Lombok Tengah dan sekitarnya," ujarnya.

Selain mengangkut para wisatawan, Bupati juga menjelaskan, kereta gantung yang rencananya akan mulai dibangun tahun 2015, juga akan bisa dimanfaatkan untuk mengangkut tumpukan sampah yang sampai saat ini menjadi keluhan para wisatawan di sekitar Gunung Rinjani.

"Terus terang kami malu mendengar keluhan tamu-tamu yang pernah melakukan pendakian Gunung Rinjani, katanya tumpukan sampah ikut menggunung di Gunung Rinjani. Namun, dengan adanya itu maka mengurangi sampah di Rinjani akan lebih mudah," ucapnya.

Oleh karena itu, mantan Ketua DPRD Provinsi NTB ini berharap Pemerintah Provinsi (Pemprov) dalam hal ini Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi dapat membantu dan memberi arahan agar pelaksanaan pembangunan kereta gantung tersebut sesuai dengan ketentuan dan perundangan yang berlaku.