OJK Dorong Bank NTB Perbanyak Kredit Produktif

id Bank NTB

"Kami tahu usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah ini butuh permodalan, untuk itu saya imbau kepada Perseroan Terbatas (PT) Bank NTB berperan, sehingga akselerasi perekonomian bisa diwujudkan,"
Mataram (Antara NTB) - Otoritas Jasa Keuangan mendorong Perseroan Terbatas Bank NTB untuk terus memperbanyak kredit produktif agar perekonomian di provinsi tersebut semakin berkembang.

"Kami tahu usaha mikro kecil menengah (UMKM) di daerah ini butuh permodalan, untuk itu saya imbau kepada Perseroan Terbatas (PT) Bank NTB berperan, sehingga akselerasi perekonomian bisa diwujudkan," kata Kepala Kantor Perwakilan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) NTB Yusri.

Hal itu dikatakan pada acara penarikan hadiah undian Tabungan Masyarakat Bumi Gora (Tambora) sebagai apresiasi kepada nasabah setia PT Bank NTB yang diadakan setiap satu tahun sekali, di lapangan Sangkareang Mataram, Sabtu (21/2).

Hadiah yang diberikan kepada nasabah pemenang utama adalah satu mobil Honda Mobilio seharga Rp200 juta lebih. Hadiah lainnya adalah dua mobil Toyota Etios Valco, beberapa sepeda motor, dan sejumlah hadiah lainnya.

Yusri mengapresiasi kemajuan PT Bank NTB, namun harus terus memberikan layanan terbaik kepada masyarakat NTB.

Upaya itu, katanya, bisa dilakukan dengan cara meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan memiliki integritas, sehingga mampu menjaga kepercayaan para nasabah.

PT Bank NTB, kata dia, juga harus memiliki sistem ketersediaan informasi dan fitur-fitur produk layanan yang menjadi daya tarik bagi masyarakat NTB.

"Saya yakin, PT Bank NTB bisa menyalurkan dana yang dihimpun masyarakat bisa disalurkan ke arah produktif," ujarnya.

Direktur Utama PT Bank NTB Komari Subakir mengatakan pihaknya pada dasarnya menyalurkan kreditnya kecil-kecil, yang "corporate" tidak relatif besar, yang lain UMKM

"Di NTB ini tidak ada pabrik besar, tapi kami sudah melakukan fungsi penyaluran dana ke sektor UKM," ujarnya.

Bank NTB sebagai perusahaan daerah, kata dia, memiliki kewajiban untuk berperan dalam mendorong perekonomian di NTB.

Hal itu, katanya, telah terpatri dalam fondasi dasar Bank NTB, yaitu dalam salah satu misi bank yang menyatakan Bank NTB turut mendorong pertumbuhan perekonomian, sebagai wujud nyata dalam usaha peningkatan perekonomian daerah.

Bank NTB melakukan program-program untuk memberikan layanan, khususnya pembiayaan kepada pengusaha mikro, kecil, dan menengah.

Selain itu, katanya, memberikan pembiayaan untuk pembangunan infrastruktur daerah dan peningkatan penyediaan air minum bagi masyarakat.

"Produk-produk pembiayaan terus dilakukan pengembangan yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat NTB," katanya. (*)