Punya TGB, Demokrat KSB Percaya Diri Berkoalisi

id Demokrat Berkoalisi

Punya TGB, Demokrat KSB Percaya Diri Berkoalisi

id.wikipedia.org. (1)

"TGB juga merupakan Ketua Umum Nahdlatul Wathan (NW), organisasi Islam yang sangat berpengaruh di NTB"
Sumbawa Barat, (Antara NTB) - Pengurus DPC Partai Demokrat Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, percaya diri bisa menjadi mitra koalisi strategis bagi partai politik dalam pemilihan umum kepala daerah yang akan digelar Desember 2015.

Ketua DPC Demokrat Sumbawa Barat Mustakim Patawari, yang dihubungi dari Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB), Jumat, mengatakan selain memiliki dua kursi di DPRD sebagai modal untuk mengusung pasangan calon, partainya juga memiliki Tuan Guru Bajang (TGB) M Zainul Majdi, yang saat ini menjabat sebagai Gubernur NTB, sekaligus Ketua DPW Demokrat NTB.

TGB, kata Mustakim, memiliki kapasitas, pengaruh dan jaringan yang luas yang bisa menjadi faktor penunjang untuk mendongkrak perolehan suara pasangan calon yang diusung pada Pilkada.

Dalam kapasitas sebagai Gubernur NTB, kata Mustakim, keberadaan TGB tentu memiliki posisi sangat strategis dalam kerangka koordinasi dan komunikasi untuk pelaksanaan pemerintahan dan pembangunan daerah jika pasangan calon yang diusung terpilih kelak.

"Komunikasi antara Bupati dan Gubernur yang terjalin baik akan menunjang akselerasi pembangunan daerah, karena banyak kewenangan pemerintah kabupaten yang sekarang sudah ditarik ke provinsi," ujarnya.

Di samping itu, lanjut Mustakim, TGB juga merupakan Ketua Umum Nahdlatul Wathan (NW), organisasi Islam yang sangat berpengaruh di NTB.

Menurut dia, pengaruh TGB yang sangat besar dalam organisasi tersebut juga dapat dipastikan bisa menjadi faktor pendongkrak perolehan suara pasangan calon kepala daerah yang diusung, mengingat anggota dan loyalis NW tersebar luas di seluruh NTB, termasuk di Kabupaten Sumbawa Barat.

"Yang terpenting, TGB sudah menyatakan siap `all out` dalam mendukung dan menyukseskan pasangan calon yang diusung Demokrat," kata Mustakim.

Demokrat sendiri, kata dia, mendorong kader internal untuk maju ambil bagian dalam Pilkada. Keberadaan kader itu, juga dianggap sebagai faktor strategis bagi partai sebagai mitra koalisi di Pilkada.

Mustakim meyakini sederet nama kader Demokrat Kabupaten Sumbawa Barat, memiliki kemampuan dan elektabilitas yang tidak kalah dibandingkan sejumlah figur Calon Wakil Bupati Sumbawa Barat yang sudah muncul.

Karena itu, Demokrat mengapresiasi dan mendukung dilaksanakannya survei elektabilitas untuk menentukan calon wakil bupati.

"Kami siap untuk disurvei dan sudah meminta izin langsung ke Ketua DPW Demokrat NTB untuk mulai bergerak melakukan sosialisasi di masyarakat dalam rangka survei dimaksud. Saya optimis karena survei menjelang Pilkada 2010 menunjukkan elektabilitas saya cukup tinggi," katanya.

DPC Demokrat Sumbawa Barat telah melaksanakan proses penjaringan bakal calon kepala daerah. Ada enam figur dan pasangan calon yang mendaftar ke partai tersebut, yakni Kusmayadi, pasangan HM Nur Yasin - Joni Hartono, Mala Rahman, Andi Azizi Amin, Manimbang Kahariady dan Mustakim Patawari. (*)