Pemkot Mataram Akan Gelar Bursa Kerja 2015

id bursa kerja

"Diprediksi lowongan kerja yang akan disediakan mencapai ribuan posisi"
Mataram, (Antara NTB)- Pemerintah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, akan menggelar bursa kerja atau "job fair" pada Juni 2015 sebagai salah satu upaya mengurangi angka pengangguran di daerah itu.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Kota Mataram H Ahsanul Khalik di Mataram, Minggu (29/3) , mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan beberapa perusahaan yang akan ikut serta dalam "job fair" tersebut.

"Diprediksi lowongan kerja yang akan disediakan mencapai ribuan posisi," katanya.

Menurut dia, kegiatan "job fair" ini akan dilaksankan selama dua hari di Mataram Mall karena Mataram Mall merupakan kawasan strategis sehingga penyebaran informasi ke masyarakat jauh lebih cepat.

Dalam pelaksanaan kegiatan "job fair" ini, katanya, para perusahaan yang akan ikut serta diberikan secara gratis, karena biaya-biaya yang timbul dalam kegiatan itu sepenuhnya ditanggung Dinsosnakertrans.

"Kita sudah menyiapkan anggaran sebesar Rp100 juta, jadi kalau ada perusahaan yang diminta membayar untuk ikut serta, silakan laporkan ke kami," ujarnya.

Ia mengatakan, dalam kegiatan "job fair" juga, para pengusaha diharuskan untuk mempriotitaskan minimal 50 persen dari lowongan yang ada untuk warga Kota Mataram.

Seperti halnya dalam proses rekturmen yang dilakukan oleh perusahaan Matahari. Di mana saat rekrutmen tahap pertama sebanyak 42 lowongan, 20 orang diantara berasal dari Kota Mataram.

"Kita ingin peluang bagi warga Kota Mataram ini menjadi komitmen para pengusaha yang berinvestasi di kota untuk membantu pengurangan angka pengangguran di daerah ini," katanya.

Angka pengangguran di Kota Mataram tertanggal 31 Desember 2014 tercatat sebanya 9.532 orang, terdiri atas 45 persen pengangguran terdidik dan 4,075 persen pengangguran terbuka.

Diharapkan dengan adanya kegiatan "job fair" ini mampu menekan angka pengangguran sekitar 20 persen hingga 23 persen. (*)