Xl Jaga Kualitas Jaringan Pendukung Pariwisata Tambora

id XL Tambora

Xl Jaga Kualitas Jaringan Pendukung Pariwisata Tambora

Activity Team XL untuk memberikan pelayanannya kepada pelanggan di area Sumbawa. (Ist) (1)

"Kami akan terus meningkatkan kualitas Jaringan XL di Pulau Sumbawa, dan akan terus diperluas"
Mataram (Antara NTB) - Perseroan Terbatas XL Axiata Tbk berkomitmen menjaga kualitas jaringan dalam rangka mendukung pengembangan pariwisata di Pulau Sumbawa, khususnya di sekitar Gunung Tambora, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat.

VP East Region XL Desy Sari Dewi, mengatakan modernisasi jaringan di Sumbawa menjadi prioritas dengan pertimbangan antara lain mampu memberikan kontribusi bagi aktivitas ekonomi masyarakat setempat, termasuk pemerintah daerah setempat yang berusaha membangkitkan dunia pariwisata.

"Kami akan terus meningkatkan kualitas Jaringan XL di Pulau Sumbawa, dan akan terus diperluas," katanya.

Presiden Joko Widodo meresmikan Gunung Tambora sebagai Taman Nasional, sehingga menjadi salah satu destinasi wisata yang diunggulkan di Pulau Sumbawa. Peresmian dilakukan pada saat puncak peringatan 200 tahun meletusnya gunung tersebut di Doro Ncanga, Kabupaten Dompu, pada 11 April 2015.

XL sebagai salah satu perusahaan operator seluler terbesar di Indonesia, ikut mendukung suksenya penyelenggaraan peringatan dua abad meletusnya Gunung Tambora yang bertajuk "Tambora Menyapa Dunia" dengan menyediakan jaringan telekomunikasi berkualitas tinggi di lokasi acara.

Desy mengatakan dengan jaringan yang sudah siap, perusahaannya bertekad akan menjadi sarana untuk mempromosikan pariwisata NTB, khususnya Pulau Sumbawa.

Jaringan XL di Pulau Sumbawa, antara lain didukung dengan lebih dari 400 "Base Transceiver Station" (BTS) 2G dan 3G.

Dengan demikian, layanan data yang memiliki manfaat besar mendukung promosi pariwisata sudah tersedia di Pulau Sumbawa dan sekitarnya.

"Kami berkomitmen mendukung pengembangan ekonomi Pulau Sumbawa karena potensi alamnya sangat luar biasa yang memiliki kawasan strategis Teluk Saleh - Moyo - Tambora (Samota)," ujarnya.

Seperti yang telah dilakukan pada akhir Februari 2015 lalu, kata dia, pihaknya telah mengikat kerja sama dengan kalangan dunia pariwisata NTB untuk mempromosikan pariwisata dengan menyediakan layanan digital untuk promosi.

Dengan layanan tersebut, kedua pihak berharap bisa bersama-sama mengangkat potensi ekonomi daerah, terutama yang bisa dibangun melalui industri pariwisata.

Salah satu hal yang akan mendapatkan dukungan dari XL adalah ikut mempromosikan potensi wisata Tambora.

Secara umum, lanjut Desy, NTB adalah salah satu daerah dengan lebih dari 90 persen pengguna layanan seluler merupakan pelanggan XL.

NTB juga merupakan daerah dengan infrastruktur jaringan terbaik, di mana jaringan "backbone" XL melintasi daerah ini, dan tersambung dengan jaringan utama ke seluruh pulau-pulau utama lainnya.

"Terdapat sedikitnya lebih dari 1600 BTS XL di seluruh NTB, sebanyak 600 di antaranya adalah BTS 3G," katanya.

Di seluruh Indonesia, kata dia, XL diperkuat dengan lebih dari 52 ribu BTS 2G/3G. Selain itu, XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu kilometer yang menghubungkan hampir semua pulau-pulau utama di Indonesia.

"Dari waktu ke waktu, XL senantiasa berusaha meningkatkan kualitas layanan dan jaringan, sehingga bisa semakin bermanfaat bagi masyarakat Indonesia," ujar Desy. (*)