Dalam Sepekan Lima Kebakaran di Kota Mataram

id Kebakaran di Mataram NTB

"Tercatat ada lima kali kebakaran dalam sepekan terakhir,"
Mataram (Antara NTB) - Pemerintah Kota Mataram menyebutkan dalam sepekan terakhir sudah terjadi lima kali musibah kebakaran di ibu kota Provinsi Nusa Tenggara Barat itu.

"Tercatat ada lima kali kebakaran dalam sepekan terakhir," kata Kepala Kantor Pemadam Kebakaran Kota Mataram Abdul Kadir di Mataram, Minggu.

Menurut dia, dari rentetetan terjadinya musibah kebakaran itu, pusat perbelanjaan Hypermart yang berada di Abian Tubuh Kota Kota Mataram yang terbakar Minggu pagi, adalah yang terhebat dengan menghanguskan hampir seluruh bangunan.

Menurutnya, penyebab musibah kebakaran itu sebagian besar karena arus pendek listrik. Hal ini ditambah dengan musim kemarau sehingga kobaran api cepat dapat membesar jika tidak segera ditangani.

Dalam mengantisipasi kebakaran, pihaknya menyiagakan delapan unit mobil pemadam kebakaran dengan 90 personel.

"Kalau terjadi kebakaran kami juga dibantu petugas pemadam kebakaran dari Kabupaten Lombok Barat. Bahkan mobil `water cannon` milik polisi juga ikut dilibatkan memadamkan api," ujarnya.

Dia menambahkan, musibah kebakaran tersebut menimpa rumah dan pertokoan. Dari beberaoa kejadian yang terbesar menimpa pusat perbelanjaan Hypermart.

"Untuk mengatasi kebakaran Hypermart yang terjadi Minggu (2/8), kita kerahkan delapan mobil dibantu mobil pemadam Kabupaten Lombok Barat tiga, dan `water cannon` Polda dan Polres tiga unit," katanya.

Dalam beberapa kali insiden kebakaran itu, tidak ada korban jiwa, sedangkan kerugian materi diperkirakan mencapai ratusan hingga puluhan miliar rupiah. (*)