NTB Gelar Lomba Lombok Ultra Triathlon 2015

id Lombok Ultra Triathlon

"Lomba "Lombok Ultra Triathlon" ini merupakan olah raga ekstrem terberat yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia, bahkan di Asia,"
Mataram (Antara NTB) - Provinsi Nusa Tenggara Barat menyelenggarakan olahraga ekstrem bertajuk "Lombok Ultra Triathlon" 2015 yang berlangsung 6-8 Agustus 2015.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Moh Faozal di Mataram, Selasa, mengatakan sebanyak 520 peserta dari 36 negara dipastikan akan mengikuti olahraga ekstrem bertajuk "Lombok Ultra Triathlon" tersebut.

"Lomba "Lombok Ultra Triathlon" ini merupakan olah raga ekstrem terberat yang pertama kali dilaksanakan di Indonesia, bahkan di Asia," katanya.

Kata dia, para peserta lomba ekstrem ini, akan mengikuti lomba renang sejauh 6,5 km di Pantai Tanjung Aan Kabupaten Lombok Tengah, dilanjutkan bersepeda sepanjang 300 km menuju Kota Mataram, dan berlari melintasi Gunung Rinjani sejauh 52 km dari Senaru Kabupaten Lombok Utara.

"Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka kita ingin lebih mengenalkan Lombok dan Rinjani sebagai ikon destinasi wisata untuk minat khusus, sehingga bisa dinikmati baik untuk traking, geologi dan penelitian," terangnya.

Dia menjelaskan, pelaksanaan lomba tersebut, nantinya diharapkan dapat mendorong Gunung Rinjani semakin bisa di eksplore baik dari sisi keunikannya, keindahan, dan potensi yang dimilikinya, sehingga bisa menjadi destinasi unggulan di NTB, dan Indonesia.

Karena itu, pihaknya akan menjadikan Lombok Ultra Triathlon sebagai agenda tahun bagi kegiatan olahraga dan pariwisata NTB.

Sementara itu, Ketua Umum KONI NTB Andy Hadianto, mengatakan lomba ekstrem Lombok Ultra Traithlon ini, berharap kedepan NTB tidak hanya dikenal sebagai tujuan wisata MICE, tetapi juga dikenal sebagai lokasi olahraga yang menarik dan ekstrem.

"Jadi ini bisa menjadi wisata pilihan, bahkan dengan adanya keunikan ini maka semakin banyak wisatawan yang datang ke NTB. Karenanya kami sangat mendukung kegiatan itu," ujarnya.

Sementara itu, Direktur F-One Sport Hendra Wijaya mengatakan lomba ektrem itu digagas dalam rangka mempromosikan olahraga ultra triathlon bisa lebih dikenal oleh masyarakat, termasuk memperkenalkan alam NTB, khususnya Lombok yang begitu luar biasa. Sebab, dia menilai Lombok memiliki medan yang cukup berat untuk olahraga tersebut.

"Indonesia memiliki kelebihan di banding negara lain, yakni pantai yang indah. Lombok memiliki potensi cukup besar untuk itu. Siapa tahu dengan Lombok Ultra Triathlon ini, lomba Ironman seperti di Eropa bisa di buat indonesia, meski untuk mendapat lisensi itu cukup berat. Tetapi, Ironman bisa dibuat di NTB," jelasnya.

Dia menuturkan, nantinya para peserta yang mengikuti lomba tersebut, minimal pernah tercatat mengikuti lomba yang sama, mengingat olahraga ini cukup berat dan membutuhkan stamina yang baik, sehingga pesertanya juga tidak akan sebanyak lomba lain.

Kata dia, dalam lomba ini menggabungkan antara berenang, bersepeda dan berlari menaiki Gunung Rinjani. Karena itu, dalam kegiatan ini ada 36 negara yang memastikan akan ikut.

Selain Indonesia sebagai tuan rumah, negara itu diantaranya Malaysia, Amerika Serikat, Singapura, Inggris, Belanda, Jermaan, Australia, Myanmar, Brunai Darussalam, Belgia, Jepang, Tiongkok, Rusia, Mexico, Norwegia, Afrika Selatan, Chili, Maldev, Spanyol, Portugal, Italia, Prancis, Sewdia, Finlandia, Kolombia, Filipina, Hongkong, Kanada, Thailand, Austria, Newzealand, dan Luxemburg.

"Mereka ini akan memperebutkan tropi dan piagam saja," katanya. (*)