BPK: NTB Provinsi Peraih WTP Terbanyak

id NTB WTP

"Saya kira ini salah satu provinsi yang mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terbanyak,"
Mataram (Antara NTB) - Kepala BPK RI Harry Azhar Aziz menyatakan provinsi Nusa Tenggara Barat merupakan satu-satunya provinsi yang meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian dalam laporan keuangan pemerintah daerah empat kali secara beruntun.

"Saya kira ini salah satu provinsi yang mendapat predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terbanyak," kata Harry saat berkunjung dan bertemu Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi di Mataram, Selasa.

Menurut dia, proses pemberian WTP bagi suatu daerah bukanlah menjadi keputusan individu pemimpin BPK semata. Karena, opini WTP terlebih dahulu harus diajukan pada Dewan BPK yang dipimpin sembilan orang untuk kemudian diputuskan bersama.

Selanjutnya, keputusan bersama tersebut kemudian menjadi keputusan negara. Ini bukanlah sebuah proses yang mudah. Namun, proses ini berhasil dilewati oleh NTB, terbukti sebanyak empat kali berturut-turut meraih predikat WTP. Hal ini menjadikan NTB sebagai daerah dengan WTP terbanyak.

NTB meraih predikat opini WTP pada tahun 2011, 2012, 2013, dan 2014. Pemberian opini WTP dari Badan Pemeriksa Keuangan RI itu, atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) yang setiap tahunnya mendapat pemeriksaan dari BPK. (*)