NTB ingin bulan budaya Lombok-Sumbawa saingi Bali

id Bulan Budaya NTB

"Kita ingin nantinya Bulan Budaya Lombok - Sumbawa ini bisa seperti Pesta Kesenian Bali atau Jember Canaval dan Banyuwangi Carnival,"
Mataram (Antara NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat berkeinginan pergelaran Bulan Budaya Lombok - Sumbawa suatu saat nanti bisa sebesar dan menyaingi Pesta Kesenian Bali.

"Kita ingin nantinya Bulan Budaya Lombok - Sumbawa ini bisa seperti Pesta Kesenian Bali atau Jember Canaval dan Banyuwangi Carnival," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Nusa Tenggara Barat Muh Faozal di Mataram, Rabu.

Menurut dia, sejak dibuka 18 Agustus lalu, pergelaran Bulan Budaya Lombok - Sumbawa (BBLS), mendapat respons cukup bagus dari masyarakat maupun wisatawan yang hadir. Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung maupun wisatawan yang menyaksikan kegiatan tersebut.

"Kegiatan ini sudah memasuki hari ketujuh dari sebulan yang kita rencanakan. Tetapi, antusias masyarakat dan wisatawan menyaksikan pagelaran BBLS ini selalu ramai, bukti itu bisa kita saksikan dari beberapa kegiatan yang sudah dilaksanakan hingga hari ini selalu semarak dengan pengunjung," ujarnya.

Dia menambahkan, sejak sepekan pergelaran BBLS 2015 ini, sudah tujuh rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan dari 24 `event` yang direncanakan, pergelaran yang sudah dilaksanakan yakni Mataram Carnaval, festival tenun NTB, seminar pariwisata, bedah buku sastra budaya Lombok Sumbawa, dan permainan rakyat. Bahkan, untuk festival tenun, pihaknya menghadirkan desainer kondang Dian Pelangi.

"Jadi rangkaian acara BBLS ini tidak terkonsentrasi pada satu kegiatan, tetapi banyak," katanya.

Mantan Kepala Museum NTB ini mengatakan meski pergelaran BBLS tidak sebesar Pesta Kesenian Bali atau Jember Carnaval dan Banyuwangi Carnival, namun pihaknya berharap BBLS ini bisa menjadi kalender tetap pariwisata di provinsi itu.

"Jadi harapan kita acara BBLS ini tidak hanya dinikmati oleh satu golongan. Tetapi seluruh lapisan bisa ikut terlibat. Bahkan, ke depan BBLS ini menjadi `brand` pariwisata NTB," katanya.

Untuk itu, dengan kegiatan BBLS 2015 tersebut, diharapkan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke NTB yang menargetkan 2 juta wisatawan di tahun 2015. (*)