Gubernur: Budaya tidak hanya dilestarikan tetapi dipelajari

id Gubernur NTB

Gubernur: Budaya tidak hanya dilestarikan tetapi dipelajari

Gubernur NTB H Muhammad Zainul Majdi. (1)

"Karena budaya merupakan sesuatu yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan telah menjadi fakta sosial dalam kehidupan sehari-hari"
Mataram (Antara NTB) - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi mengatakan budaya tidak hanya dilestarikan tetapi harus dipelajari makna yang terkandung di dalamnya.

"Dengan budaya kita berharap mampu menghasilkan pemikiran-pemikiran dan pandangan yang berkesinambungan untuk dapat dilaksanakan bersama dalam rangka mewujudkan NTB yang lebih maju dan sejahtera," kata Gubernur di Mataram, Selasa.

Saat membuka Seminar Nasional Kebudayaan dalam rangkaian Bulan Budaya Lombok Sumbawa 2015, Gubernur menegaskan bahwa budaya adalah hal yang sangat penting sebagai modal sosial dalam membangun.

"Karena budaya merupakan sesuatu yang berkembang di tengah-tengah masyarakat dan telah menjadi fakta sosial dalam kehidupan sehari-hari," kata dia.

Terlebih lagi, kata budaya dijadikan sebagai satu dari 4 elemen dalam visi pembangunan Pemerintah Provinsi NTB yakni Beriman, Berbudaya, Berdaya Saing, dan Sejahtera.

"Di dalam visi tersebut, dimasukkannya kata budaya agar NTB yang memiliki kekayaan budaya dapat membangun dan berupaya secara sengaja mengembangkan dan memanfaatkan budaya yang hidup di tengah-tengah masyarakat dan difasilitasi untuk kemajuan daerah," jelasnya.

Dia menjelaskan, untuk kepentingan ekonomi, pengembangan budaya dikaitkan dengan pariwisata sangat tepat, karena terpenting dalam hal tersebut adalah kebersamaan dan menjaga jati diri.

"Mari kita bersama-sama dalam membangun budaya di daerah ini, tidak hanya untuk memajukan ekonomi, tapi yang paling penting menjaga jati diri," ujarnya.

Ia menambahkan dalam hal mengembangkan budaya tak bisa dilepaskan dari penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, karena memegang peranan penting untuk mewujudkan kemajuan.

"Dalam konteks globalisasi kita ingin menjadikan budaya NTB menjadi maju, maka pengusaan ilmu pengetahuan sangat penting, tidak hanya revitalisasi budaya tapi juga untk hal-hal lain," kata dia.

Lebih lanjut Gubernur menuturkan, memajukan budaya tidak hanya dilakukan dengan melestarikan budaya yang ada namun perlu mengkaji makna yang terkandung di dalamnya.

"Penampakan lahiriah dan tari-tarian kita wajib dilestarikan, tapi bukan itu satu-satunya budaya kita. Bukan berarti kita rajin mengenakan baju adat berarti memajukan budaya, namun nilai-nilai penampakan itu perlu digali makna yang terkandung di dalamnya," imbuhnya.

Untuk itu, gubernur berkeinginan semua kekayaan budaya yang dimiliki untuk ditulis agar tidak menjadi pemahaman kecil sebagian orang, namun dijadikan kekayaan yang diwariskan dari generasi ke generasi. (*)