Ratusan tentara Iran sudah di Suriah untuk ofensif besar

id Iran Suriah

Ratusan tentara Iran sudah di Suriah untuk ofensif besar

Dari udara, pesawat tempur Rusia menyedikan dukungan udara untuk ofensif besar-besaran pemerintah Suriah yang Syiah dengan sekutu Syiahnya Iran (Reuters) (1)

Beirut (ANTARA News) - Ratusan serdadu Iran tiba di Suriah untuk berhabung dalam ofensif besar-besaran pasukan darat guna mendukung pemerintahan Presiden Bashar al-Assad yang menandai perang saudara di Suriah telah berubah menjadi perang kawasan dan global.

Dua sumber Lebanon mengatakan kepada Reuters bahwa ratusan tentara Iran telah mencapai Suriah dalam sepuluh hari terakhir dengan membawa banyak persenjataan untuk ofensif darat besar-besaran.

Mereka juga akan dibeking oleh sekutu Assad di Lebanon, yakni Hizbullah, dan milisi Syiah Irak, sedangkan Rusia menyediakan dukungan serangan udara.

"Garda depan pasukan darat Iran telah tiba di Suriah, para serdadu dan perwira secara khusus turut serta dalam perang ini. Mereka bukan penasihat militer, maksud kami ratusan serdadu dengan perlengkapan dan senjata. Mereka akan diikuti oleh lebih banyak lagi tentara Iran," kata salah seorang sumber tadi.

Sejauh ini, dukungan langsung militer Iran untuk Assad kebanyakan berbentuk penasihat militer.

Iran juga memobilisasi milisi Syiah, termasuk dari Irak dan Afghanistan, untuk bertempur bersama pasukan pemerintah Suriah.
(*)