Newmont Salurkan Bantuan Air Bersih - (d)

id PT Newmont

Newmont Salurkan Bantuan Air Bersih - (d)

Seorang ibu rumah tangga di RT 5 Gang Tuan Pakok, Dusun Semelam, Desa Sekongkang Atas, mengisi air bersih bantuan PT NNT, Kamis (29/10). (1)

"Bantuan air bersih ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial (CSR) untuk masyarakat sekitar tambang"
Oleh Awaludin

Mataram, 29/10 (Antara) - Perseroan Terbatas Newmont Nusa Tenggara menyalurkan bantuan air bersih kepada masyarakat di Kecamatan Sekongkang, Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat, yang mengalami kekeringan akibat musim kemarau.

General Supervisor Social Responsibility PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT), Basuki AR, di Sumbawa Barat, Kamis, menyebutkan pihaknya menyalurkan sebanyak 15.000 hingga 20.000 liter air bersih per hari ke Desa Sekongkang Atas dan Sekongkang Bawah serta Desa Kemuning.

"Bantuan air bersih ini merupakan bagian dari program tanggung jawab sosial (CSR) untuk masyarakat sekitar tambang," katanya.

PTNNT, kata dia, melakukan kegiatan pendistribusian air bersih ke warga Sekongkang yang dalam sebulan terakhir sudah kesulitan air bersih akibat musim kemarau.

Bantuan air bersih ditempatkan di tandon-tandon air yang tersebar di area pemukiman warga yang kesulitan air bersih.

"Ada 10 tandon dengan kapasitas bervariasi yang kami sebar di sejumlah titik yang mudah dijangkau oleh warga yang kesulitan memperoleh air bersih," kata Basuki.

Selain mendistribusikan bantuan air bersih, perusahaan tambang emas dan tembaga itu juga mengaktifkan kembali sumur-sumur sumber air bersih yang sebelumnya diprogramkan oleh perusahaan.

PT NNT adalah perusahaan tambang tembaga dan emas yang beroperasi berdasarkan kontrak karya generasi IV yang ditandatangani pada 2 Desember 1986.

Perusahaan itu rutin melaksanakan program-program tanggung jawab sosial untuk meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat sekitar tambang dengan dana rata-rata Rp50 miliar per tahun. (*)