KPU Mataram kekurangan 885 surat suara

id Pilkada Mataram

KPU Mataram kekurangan 885 surat suara

(1)

Mataram (Antara NTB)- Komisi Pemilihan Umum Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, masih kekurangan surat suara sebanyak 885 lembar dari kebutuhan 303.067 surat suara berdasarkan daftar pemilih tetap dan tambahan 2,5 persen.

"Setelah kita melakukan penyortiran, terdapat kekurangan 885 surat suar termasuk 22 surat suara yang rusak," kata Ketua Divisi Logistik Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Mataram Sopan Sopian Hadi di Mataram, Rabu.

Jumlah kebutuhan surat suara itu sesuai dengan daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 295.345 orang ditambah cadangan 2,5 persen.

Dikatakannya, kekurangan surat suara dan surat suara yang rusak itu sudah disampaikan ke perusahaan di Kudus Provinsi Jawa Tengah tempat dicetaknya surat suara beserta logistik lainnya.

Selain 22 surat suara yang rusak dan kurang, sambungnya, pihaknya juga menerima kekurangan 100 segel yang seharusnya 14.085, dan kekurangan hologram sebanyak 25 yang seharusnya 2.001, sementara untuk template atau alat bantu tunanetra diterima utuh 667.

"Kebetulan tempat kita cetak sama, jadi kita sudah meminta dalam dua hari atau maksimal tiga hari pengganti surat suara yang rusak dan kurang, serta segel dan hologram itu sudah kita terima," sebutnya.

Pasalnya, katanya, pendistribusian logistik ke 667 tempat pemungutan suara (TPS) akan dimulai pada H-7 pencoblosan, dan ditargetkan pada H-2 semua logistik sudah berada di panitia pemungutan suara (PPS).

Dalam pendistribusian logistik, KPU akan melibatkan tim dari TNI/Polri, panwaslu, satuan kerja perangkat daerah terkait agar pendistribusian bisa berjalan lancar.

Diketahui, kegiatan penyortiran surat suara dilakukan selama dua hari yakni mulai tanggal 17-18 November ini, dengan melibatkan sebanyak 68 warga sekitar gedung KPU Kota Mataram.

"Hal itu sebagai salah satu bina lingkungan yang dilaksankaan KPU, seperti halnya dalam pemilu-pemilu sebelumnya," katanya. (*)