Badan Cyber Tiongkok kunjungi Indonesia jajaki kerja sama

id cyber tiongkok
Badan Cyber Tiongkok kunjungi Indonesia jajaki kerja sama"
Jakarta (ANTARA News) - Badan Cyber Tiongkok atau Cyberspace Administration of China (CAC) akan mengunjungi Indonesia untuk menjajaki kemitraan pada segi capacity building sumber daya manusia (SDM) yang bergerak dalam bidang keamanan cyber.

Kepala Bidang Ketahanan Informasi Desk Ketahanan dan Keamanan Informasi Cyber Nasional (DKKICN) Kun Arief Cahyantoro di Jakarta, Selasa, mengatakan delegasi CAC akan berkunjung ke Indonesia pada Kamis (21/1).

"Delegasi CAC akan berkunjung ke Kementerian Politik Hukum dan Keamanan khususnya DKKICN," kata Kun Arief.

Ia mengatakan, kunjungan CAC ke Indonesia menunjukkan betapa pentingnya posisi Indonesia di mata Tiongkok.

Pada kesempatan kunjungan, delegasi CAC yang dipimpin Ren Xianliang, Deputy Director of CAC, akan bertemu dengan Deputi VII Menko Polhukam Bidang Koordinasi Komunikasi, Informasi, dan Aparatur (Kominfotur) Agus Barnas dan anggota DKKICN.

"CAC dan DKKICN selanjutnya akan mempresentasikan soal keamanan cyber di masing-masing negara," katanya.

Sejumlah hal yang juga akan dibahas dalam pertemuan itu yakni capacity building dalam hal keamanan cyber. Selain itu pre-MoU CAC dengan DKKICN, serta bertukar pengetahuan teknis terkait pelatihan dan pertukaran SDM bidang keamanan cyber.

"Pertemuan juga akan membicarakan tentang kemungkinan Indonesia menjadi ASEAN hub dengan dukungan CAC. Pada akhirnya kita akan menuju pada cyber untuk kesejahteraan rakyat," katanya.

Kun Arief menekankan pentingnya membuka jejaring dan kemitraan dengan banyak negara terkait keamanan cyber sebab upaya tersebut tidak mungkin dilakukan Indonesia sendirian melainkan harus menggunakan jejaring.

Ia menegaskan Indonesia akan tetap berprinsip pada asas bebas aktif dalam hal keamanan cyber.

Editor: Masnun

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga