XL dukung pelatihan digital "crafter" perajin Garut

id XL Jatim

XL dukung pelatihan digital "crafter" perajin Garut

Dari kiri - Chief Finacial Officer Elevania Lila Nirmandari , Sekretaris Jendrak Dekranas Ikhwan Asrin, Ketua Penggerak PKK Kabupaten Garut diah Kurniasari dan Manager Small Medium Enterprise XL Axiata Laela Permata. (1)

Garut (Antara NTB) - Internet dan digital e-commerce adalah sarana pokok bagi upaya promosi produk Usaha Kecil Menengah (UKM) pada saat ini. Dengan keduanya, para perajin di setiap daerah pun akan dapat meningkatkan produktifitas dan memperluas jangkauan pemasaran.
     Untuk itu, bekerjasama dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), PT XL Axiata Tbk (XL)  bersama Elevenia dan Bank BTPN melakukan pelatihan "digital crafter" kepada pengrajin di Kabupaten Garut, Jabar.
     Hadir dalam acara pembukaan pelatihan antara lain Ketua Penggerak PKK Kabupaten Garut, Diah Kurniasari, Ketua Bidang Promosi, Humas dan Publikasi Dekranas, Triana Rudiantara, Manager Small Medium Enterprise (SME) Accelerator XL Axiata, Laela Permata serta Chief Financial Officer (CFO) Elevania, Lila Nirmandari, di Garut, Selasa (2/2).
     Vice President XL Central Region Bambang Parikesit, mengatakan teknologi internet dan digital telah sedemikian maju dan menawarkan manfaat bagi upaya peningkatan nilai ekonomi produk asli rakyat, termasuk produk kerajinan.
     "Sesuai dengan visi memajukan ekonomi digital Indonesia, kami sangat antusias ambil bagian dalam program pelatihan digital marketing bagi kawan-kawan pelaku industri kerajinan rakyat di Garut ini," katanya.
     Sedangkan Chief Financial Officer (CFO) Elevania, Lila Nirmandari mengungkapkan , sejak awal berdiri, Elevenia memang bertujuan untuk membantu para UKM agar mereka bisa Go Global dengan menjadi penjual on line.
     Selain secara aktif bekerjasama dengan kementrian koperasi dan asosiasi UKM yang ada, Elevenia juga menyediakan fasilitas pelatihan rutin lengkap dengan studio dan fotografernya.
    "Fasilitas ini kami sebut dengan istilah "Seller Zone" yang berlokasi di kantor Elevenia di kawasan Tanah Abang. Jadi, kerja sama dengan Dekranas adalah bagian dari jangka panjang kami," ujarnya.
     Sementara itu, Ketua Bidang Promosi, Humas dan Publikasi Dekranas, Triana Rudiantara, menyatakan, pelatihan tersebut merupakan wujud kerja sama antara Dekranas, Dekranasda Garut, Elevenia dan Bank BTPN yang mejadi mitra perajin lokal.
    Diharapkan dengan pelatihan ini dapat memudahkan perajin Garut memasarkan prosuknua yang selanjutnya dapat diduplikasi pengrajin yang memiliki produk berkualitas di berbagai sentra kerajinan di seluruh tanah air.
     Pada Oktober 2015 lalu, XL dan Dekranas telah melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman pada 22 Oktober 2015 dalam pemanfaatan layanan internet dan digital. Kerja sama ini bertujuan untuk mengenalkan sekaligus mengembangkan kerajinan hasil usaha para perajin Indonesia.
     Layanan internet dan digital dipandang perlu sebagai sarana yang strategis untuk promosi produk kerajinan nasional agar bisa lebih dikenal oleh pasar yang lebih luas, termasuk secara global.
     Pelatihan di Garut ini diikuti oleh sedikitnya 30 pengrajin yang terdiri dari sejumlah sektor kerajinan andalan Garut. Antara lain adalah pengrajin kulit, tenun sutra, batik, akar wangi, bambu dan batu akik.
     XL akan memberikan perangkat telepon pintar dan paket data kepada pengrajin serta pelatihan pemanfaatan terkait internet secara singkat selama satu hari penuh yang berlangsung Selasa ( 2/2) bertempat di Pendopo Kota Garut.
     Sebelumnya, XL sudah melakukan pengembangan website www.dekranas.id sebagai portal informasi mengenai organisasi Dekranas sendiri, serta berbagai data mengenai perajin serta produk kerajinan yang diproduksi.
     Dengan adanya website yang lengkap dari sisi informasi, maka masyarakat luas Indonesia dan internasional akan bisa dengan mudah mendapatkan rujukan yang memadai mengenai produk kerajinan asli Indonesia yang berasal dari berbagai daerah.
     Website www.dekranas.id sudah bisa dimanfaatkan mulai saat ini dalam versi desktop dan mobile.
     Sementara itu, Elevenia pada kesempatan ini  akan ikut memberikan pelatihan mengenai pemanfaatan e-commerce sebagai wadah mempromosikan dan menjual produk kerajinan. Bahkan, perajin sudah bisa mendaftarkan diri menjadi penjual di Elevenia dengan mendaftar melalui situs www.elevenia.co.id.
     Adapun Bank BTPN akan membantu penyediaan pelatihan manajemen usaha agar para pengrajin memiliki ilmu yang cukup dalam memastikan proses produksi, distribusi dan penjualan berlangsung dengan baik. (*)