Imigrasi Mataram Amankan WNA Inggris Bawa Kabur Motor

id WNA DITANGKAP

"Pelaku kita amankan di sebuah kos-kosan di daerah Pagutan, Mataram, Rabu ini sekitar pukul 16.30 Wita,"
Mataram (Antara NTB) - Imigrasi Kelas I Mataram, Nusa Tenggara Barat, mengamankan seorang warga negara asing (WNA) berkebangsaan Inggris Daniel Ford karena diduga membawa kabur sepeda motor salah seorang pemilik rental kendaraan bermotor di kawasan wisata Senggigi, Lombok Barat.

"Pelaku kita amankan di sebuah kos-kosan di daerah Pagutan, Mataram, Rabu ini sekitar pukul 16.30 Wita," kata Kepala Seksi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian (Wasdakim) Kelas I Mataram Raden Agung Wibowo di Mataram, Rabu.

Ia mengatakan penangkapan itu dilakukan setelah pihaknya menerima laporan salah seorang warga Senggigi, yang merasa ditipu oleh Daniel Ford (22) karena sepeda motor merek Honda Vario CW tahun 2009 yang direntalkan pelapor dibawa kabur atau digelapkan pelaku.

Menurut dia, saat ini Daniel sedang dalam pemeriksaan intensif pihak Imigrasi Mataram. Jika terbukti, pihak Imigrasi Mataram akan menyerahkan laporan penggelapan ini ke Polda NTB untuk ditindaklanjuti.

"Kalau ternyata dalam pemeriksaan pihak kepolisian terbukti pelaku melakukan tindak pidana penggelapan dan menjalani hukuman, maka Imigrasi Mataram akan mengambil tindakan administratif berupa pendeportasian," jelas Agung.

Selain itu, Agung menduga pelaku selama berada di Indonesia telah menyalahi izin tinggal atau "over stay" dan tidak dapat menunjukkan dokumen keimigrasian. (*)