Dikpora Diminta Pastikan Peserta UNBK Menguasai Komputer

id UNBK

"Jangan sampai UNBK diterapkan tetapi ada peserta yang belum menguasai komputer, karena hal itu bisa mempengaruhi nilai siswa,"
Mataram (Antara NTB)- Ketua Komisi IV DPRD Kota Mataram H Muhir meminta agar Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga memastikan semua calon peserta ujian nasional berbasis komputer (UNBK) mampu menguasi komputer.

"Jangan sampai UNBK diterapkan tetapi ada peserta yang belum menguasai komputer, karena hal itu bisa mempengaruhi nilai siswa," katanya di Mataram, Nusa Tenggara Barat, Rabu.

Selain siswa, sambung politisi dari Partai Golkar ini, para pengawas yang akan ditugaskan mengawasi peserta UNBK juga harus mampu menguasai serta memahami teknik dan jaringan komputer.

Pasalnya, para pengawas inilah yang akan memberikan penjelasan sekaligus menunjukkan cara peserta UNBK, ketika peserta mendapatkan kesulitan saat UNBK berlangsung.

"Ini kita sampaikan ke Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) dan sekolah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan yang bisa merugikan siswa," katanya.

Karena itu, kata Ketua Komisi IV DPRD yang membidangi, pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat ini berharap agar Dikpora harus sering-sering turun untuk melihat dan mengevaluasi berbagai persiapan sumber daya manusia (SDM), sarana dan prasana setiap sekolah yang akan menerapkan UNBK tahun ini.

"Jika tahun ini UNBK pada beberapa sekolah yang sudah ditetapkan bisa berjalan lancar dan sukses, kita berharap agar UNBK juga diterapkan pada sekolah-sekolah lainnya," katanya.

Sebagai anggota DPRD, Muhir memberikan dukungan terhadap sejumlah sekolah yang tahun ini mulai menerapkan UNBK sebagai salah satu bentuk peningkatan SDM serta kualitas pendidikan di kota ini.

Kepala Dinas Dikpora Kota Mataram H Sudenom sebelumnya menyebutkan, bahwa semua sekolah baik tingkat SMP/sederajat maupun SMA/sederajat yang akan ikut UNBK tahun ini sudah melalui verifikasi menyeluruh.

"Verifikasi yang kami lakukan antara lain meliputi kesiapan sekolah untuk sarana dan prasarana, termasuk kemampuan SDM guru dan calon peserta UNBK dalam menguasi komputer," sebutnya.

Bahkan untuk memastikan hal itu, hampir setiap minggu calon peserta UNBK mengikuti pelatihan di sekolah masing-masing, dan "try out" akan dilakukan bulan pertengahan Februari ini.

"Dari hasil evaluasi kami, setiap turun melakukan pemantauan persiapan sekolah dan siswa bisa dikatakan semua sudah siap," ujarnya.

Untuk tingkat SMP/sederajat UNBK akan dilaksanakan dienam sekolah yakni, SMPN 2 Mataram, SMPN 6 Mataram dan MTs Negeri 1 Mataram, SMP Aletheia, SMP Kusuma dan SMP Tunas Daut.

Sedangkan untuk tingkat SMA/sederajat antara lain di SMAN 1 Mataram, SMAN 5 Mataram dan SMKN 3 Mataram, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Mataram dan MAN 2 Mataram. (*)