Gubernur NTB Ajak Masyarakat Mendonorkan Darah

id Gubernur Donor Darah

"Salah satu ukuran kebersamaan itu adalah kesediaan kita untuk berbagi. Berbagi sesuatu yang dapat membawa manfaat bagi orang lain. Dan donor darah merupakan bukti nyata untuk mengangkat nilai-nilai kebersamaan dan kemanusiaan kita,"
Mataram (Antara NTB) - Gubernur Nusa Tenggara Barat TGH M Zainul Majdi mengajak masyarakat untuk mendonorkan darah guna membantu sesama.

"Salah satu ukuran kebersamaan itu adalah kesediaan kita untuk berbagi. Berbagi sesuatu yang dapat membawa manfaat bagi orang lain. Dan donor darah merupakan bukti nyata untuk mengangkat nilai-nilai kebersamaan dan kemanusiaan kita," kata gubernur saat kegiatan donor darah dalam rangka memperingati Hari Pers Nasional (HPN) di Mataram, Kamis.

Ia menjelaskan, nilai kebersamaan itu merupakan kunci untuk membangun NTB yang kuat. Karenanya, untuk membangun kebersamaan itu tidak hanya sebatas ucapan, namun harus diwujudkan dalam upaya nyata. Salah satunya, melalui aksi donor darah.

Karena itu, gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang (TGB) ini, menyampaikan donor darah merupakan salah satu betuk amal perbuatan yang akan merawat dan menjaga sisi-sisi kebersamaan seseorang.

"Prinsip hidup kita itu tercermin dari apa yang sering kita sampaikan. Misalnya ucapan terima kasih. Terima kasih memiliki makna yang dalam. Kita terima dari Allah, lalu kita salurkan kepada sesama," jelas orang nomor satu di NTB itu.

Menurut gubernur, kalau prinsip hidup itu seperti gelas, setelah dituangkan air lalu disalurkan, maka apa yang telah dikaruniakan Tuhan akan mengandung keberkahan. Kalau tidak disalurkan, maka hal itu sama dengan air keruh yang tidak terjadi dinamisasi.

"Donor darah ini sebenarnya tidak hanya bermanfaat bagi seseorang yang memanfaatkan darah kita, namun juga bermanfaat bagi pendonor, yaitu manfaat kesehatan," tambah gubernur.

Selain itu, ia menyampaikan sebuah ilustrasi terkait dengan filosofi berbagi, yakni siapa tahu, dengan setetes darah yang kita sumbangkan ini akan mengantarkan kita mendapat ridho Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa," katanya.

Untuk itu, ia berharap donor darah tersebut dapat terus digalakkan di seluruh wilayah NTB, agar tidak terjadi kekurangan darah bagi masyarakat yang membutuhkan. (*)