Apron TNI AU Rembiga segera dibangun

id Lanud Rembiga

Apron TNI AU Rembiga segera dibangun

70 tahun TNI AU, Bulan Dirgantara 2016 digelar. (Antara News) (1)

"Saat ini kita sedang mencanangkan untuk pembangunan apron di LIA, ini dikhususkan bagi personel Lanud Rembiga"
Mataram (Antara NTB) - Apron (tempat parkir pesawat) TNI AU dalam waktu dekat akan segera dibangun di Lombok International Airport (LIA), Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

"Saat ini kita sedang mencanangkan untuk pembangunan apron di LIA, ini dikhususkan bagi personel Lanud Rembiga," kata Komandan Pengkalan Udara (Danlanud) Rembiga Kolonel Pnb Bambang Gunarto usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Jadi ke-70 TNI AU di Lanud Rembiga, Sabtu.

Ke depannya, ujar Bambang, dengan tersedia sarana landasan bagi TNI AU di LIA, seluruh personel diharapkan dapat lebih meningkatkan pengamanan udara untuk wilayah Bali Nusa Tenggara.

"Jadi dengan adanya apron di LIA, seluruh personel Lanud Rembiga dapat selalu siap dalam bertugas," ucapnya.

Ia mengatakan posisi Lanud Rembiga dikatakan strategis dalam menjaga keamanan udara untuk wilayah Bali Nusra.

"Letak Lanud Rembiga ini sangat strategis, selain menjaga keamanan udara di wilayah NTB. Lanud Rembiga juga berperan dalam membantu pengamanan di wilayah Lanuma Ngurah Rai dan Lanud Eltari," katanya.

Namun konsentrasi pengamanan udara lebih diarahkan ke Lanud Eltari di Kupang, NTT yang diketahui menjadi garda terdepan untuk menjaga keamanan udara di wilayah Selatan Indonesia.

"Kupang kita ketahui adalah pulau yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Australia dan Timor Leste maupun wilayah Pasifik dan sekitarnya. Jadi tugas Lanud Rembiga membantu Lanud Eltari dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman udara di wilayah selatan," ucap Bambang. (*)