ITDC Jalankan Program PKBL Untuk Masyarakat Mandalika

id KEK Mandalika

"Pendidikan adalah salah satu sektor yang sangat strategis dalam pengembangan industri pariwisata. Kami percaya dengan semakin baiknya kualitas tenaga pengajar dan sarana pendidikan, maka kualitas lulusan sekolah juga akan semakin baik dan mampu berk
Mataram (Antara NTB) - PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) yang resmi beroperasi di Lombok, langsung menjalankan program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) khususnya untuk masyarakat sekitar kawasan ekonomi khusus (KEK) Mandalika.

"Untuk kegiatan hari ini, peresmian kantor digelar bersamaan dengan mulai memberikan pelatihan berbahasa Inggris kepada masyarakat yang berprofesi sebagai pedagang, pengemudi kendaraan dan tenaga keamanan," kata Direktur Utama ITDC Abdulbar M Mansoer, usai kegiatan peresmian kantor ITDC Lombok yang berlokasi di depan Lombok International Airport (LIA), Selasa.

Dikatakannya, para peserta akan mengikuti pelatihan hingga 14 hari dan selama mengikuti jalannya kegiatan, seluruh peserta dibekali dengan uang saku.

Selain itu pihak ITDC juga telah menyekolahkan 24 anak muda sekitar kawasan Mandalika di Nusa Dua, Bali, untuk mendapatkan pelatihan di bidang "hospitality".

Bahkan, rencana untuk meningkatkan bidang pendidikan, ITDC akan mengirim tenaga pengajar, dari guru sekolah dasar dan madrasah di sekitar kawasan Mandalika ke kawasan pariwisata Nusa Dua, Bali.

"Guru-guru juga rencananya akan dikirim ke Nusa Dua, Bali, untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman mengenai pengelolaan kawasan pariwisata," ujarnya.

Termasuk akan melakukan perbaikan dan peningkatan seluruh sarana dan prasarana pendidikan di sekitar kawasan Mandalika. Untuk itu, harapannya dengan tambahan ilmu tersebut, para tenaga pengajar dapat kembali menerapkannya kepada siswa-siswi yang bersekolah di sekitar kawasan Mandalika.

"Pendidikan adalah salah satu sektor yang sangat strategis dalam pengembangan industri pariwisata. Kami percaya dengan semakin baiknya kualitas tenaga pengajar dan sarana pendidikan, maka kualitas lulusan sekolah juga akan semakin baik dan mampu berkontribusi positif bagi industri pariwisata," ucapnya.

Abdulbar menyampaikan bahwa seluruh kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan ITDC dalam membangun kemitraan dengan lingkungan maupun masyarakat Lombok, khususnya yang berada di sekitar kawasan Mandalika. (*)