Euro 2016 - Italia bungkam generasi emas Belgia 2-0

id Liga Eropa

Euro 2016 - Italia bungkam generasi emas Belgia 2-0

Penyerang tim nasional Italia, Graziano Pelle, merayakan golnya yang memastikan kemenangan negaranya 2-0 atas Belgia dalam penyisihan Grup E Piala Eropa 2016 di Stadion Parc OL, Lyon, Prancis, Selasa (14/6/2016) WIB. (UEFA) (1)

Lyon, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Italia berhasil membungkam Belgia dengan skor 2-0 dalam laga penyisihan Grup E Piala Eropa 2016 di Stadion Parc OL, Lyon, Prancis, Selasa pagi WIB.

Italia berhasil mengalahkan tim yang disebut-sebut sebagai bagian dari generasi emas sepak bola Belgia itu berkat gol-gol yang dicetak Emanuele Giaccherini dan Graziano Pelle.

Tim Belgia besutan Marc Wilmots memang tampil dominan menguasai jalannya pertandingan dengan 56 persen pengendalian bola.

Namun, mereka begitu tumpul di lini depan dengan hanya tiga kali menemui sasaran dalam 18 kali percobaan tembakan.

Sebaliknya, tingkat akurasi Italia jauh lebih baik sebesar 50 persen dengan enam kali menemui sasaran dari 12 kali tembakan.

Kemenangan itu untuk menempatkan tim besutan Antonio Conte ke puncak klasemen Grup E dengan mengantongi tiga poin penuh, sementara di laga lain Irlandia dan Swedia berbagai satu poin.

Italia membuka keunggulan lewat gol dingin Giaccherini pada menit 32, yang terlepas dari kawalan Laurent Ciman saat menyambut tendangan bebas jarak jauh Leonardo Bonucci.

Umpan terukur Bonucci dikendalikan dengan tenang oleh Giaccherini yang berhasil mengelabui Toby Alderweireld dan penjaga gawang Thibaut Courtois yang berusaha menghalau upaya gelandang Bologna tersebut.

Italia memiliki dua peluang emas untuk memperbesar keunggulan lewat Pelle pada menit 36 dan 56, serta penyerang pengganti Ciro Immobile pada menit 86, namun ketiganya berhasil diantisipasi sempurna oleh Courtois.

Pelle akhirnya mencatatkan namanya di papan skor setelah melakukan tendangan voli menyambut umpan silang Antonio Candreva pada pengujung laga, memastikan kemenangan tim tradisionalis Italia 2-0 atas generasi emas Belgia.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Belgia (4-2-3-1): Thibaut Courtois (PG); Laurent Ciman (Yannick Carrasco), Toby Alderweireld, Thomas Vermaelan, Jan Verthongen; Radja Nainggolan (Dries Mertens), Axel Witsel; Kevin De Bruyne, Marouane Fellaini, Eden Hazard; Romelu Lukaku (Divock Origi)
Pelatih: Marc Wilmots

Italia (5-3-2): Gianluigi Buffon (PG); Antonio Candreva, Andrea Barzagli, Leonardo Bonucci, Giorgio Chiellini, Matteo Darmian (Mattia De Sciglio); Marco Parolo, Daniele De Rossi (Thiago Motta), Emanuele Giaccherini; Graziano Pele, Eder (Ciro Immobile)
Pelatih: Antonio Conte.

Editor: Suryanto
(*)