Euro 2016 - Gol tunggal Pique bawa Spanyol atasi Ceko 1-0

id Liga Eropa

Euro 2016 - Gol tunggal Pique bawa Spanyol atasi Ceko 1-0

Pemain belakang tim nasional Spanyol, Gerard Pique, mencetak gol yang memastikan kemenangan negaranya atas Republik Ceko dengan skor 1-0 dalam laga penyisihan Grup D Piala Eropa 2016 di Stadion Municipal, Toulouse, Prancis, Senin (13/6/2016). (UEFA)

Toulouse, Prancis (ANTARA News) - Pemain bertahan tim nasional Spanyol, Gerard Pique, mencetak gol tunggal yang membawa negaranya mengatasi Republik Ceko dengan skor 1-0 dalam laga penyisihan Grup D Piala Eropa 2016 di Stadion Municipal, Toulouse, Prancis, Senin.

Gol tersebut dicetak bek Barcelona itu pada menit 87, setelah menyambut umpan silang yang dikirimkan Andres Iniesta dengan sundulan tajam menyusul situasi sepak pojok.

Setelah tampil perkasa hampir sepanjang laga, kali ini dalam posisi yang sulit penjaga gawang Petr Cech gagal mengantisipasi tandukan Pique dan harus memungut bola dari dalam gawangnya.

Cech tampil menawan, terutama pada 45 menit pertama dengan melakukan tiga penyelamatan penting terhadap upaya penyelesaian yang dilepaskan Alvaro Morata pada menit 15 dan 29 serta Jordi Alba pada menit 39.

Tempo permainan babak cenderung lebih lambat dan Spanyol tak banyak melepaskan peluang berbahaya, sebaliknya lewat sedikit kesempatan yang diperoleh Ceko memaksa lawan mereka berjibaku menjaga gawang.

Bukan hanya penjaga gawang David de Gea diharuskan tampil sigap menghalau bola upaya tembakan Vladimir Darida menyamakan kedudukan untuk Ceko di pengujung laga, namun juga Cesc Fabregas melakukan penyelamatan gemilang menyapu bola tembakan Roman Hubnik tak jauh dari garis gawang.

Penyelamatan Fabregas sedikit banyak mirip dengan penyelamatan yang dilakukan Jerome Boateng untuk Jerman di laga Senin pagi WIB, bedanya Fabregas melakukannya dengan menghadap ke gawang sendiri membuang bola ke arah belakang.

Berkat kemenangan tersebut Spanyol dan Kroasia sama-sama memiliki tiga poin hasil dari kemenangan atas lawan masing-masing.

Selain itu, kemenangan tersebut menjaga hasil positif juara bertahan dua edisi beruntun itu tak terkalahkan di laga pertama mereka di putaran final Piala Eropa dalam empat edisi terakhir.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Spanyol (4-3-3): David de Gea (PG); Juanfran, Gerard Pique, Sergio Ramos, Jordi Alba; Cesc Fabregas (Thiago Alcantara), Sergio Busquets, Andres Iniesta; David Silva, Alvaro Morata (Aritz Aduriz), Nolito (Pedro Rodriguez)
Pelatih: Vicente del Bosque

Republik Ceko (4-2-3-1): Petr Cech (PG); Pavel Kaderabek, Tomas Sivok, Roman Hubnik, David Limbersky; Vladimir Darida, Jaroslav Plasil; Theodor Gebre Selassie (Josef Surral), Tomas Rosicky (David Pavelka), Ladislav Krejci; Tomas Necid (David Lafata)
Pelatih: Pavel Vrba

Editor: Ruslan Burhani
(*)