Euro 2016 - Tim debutan Islandia tahan imbang Portugal 1-1

id Liga Eropa

Euro 2016 - Tim debutan Islandia tahan imbang Portugal 1-1

Gelandang tim nasional Islandia, Birkir Bjarnason, merayakan golnya ke gawang Portugal dalam penyisihan Grup F Piala Eropa 2016 di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Rabu (15/6) dini hari WIB. (JEAN-PHILIPPE KSIAZEK / AFP) (1)

Saint-Etienne, Prancis (ANTARA News) - Tim debutan Piala Eropa 2016, Islandia, berhasil menahan imbang unggulan Grup F dengan skor 1-1 dalam laga penyisihan di Stadion Geoffroy-Guichard, Saint-Etienne, Prancis, Rabu dini hari WIB.

Islandia yang baru pertama kali merasakan putaran final Piala Eropa menampilkan disiplin pertahanan yang rapat dan memaksa dominasi yang dibangun Portugal terbuang cuma-cuma tanpa hasil yang signifikan.

Gelandang Basel, Birkir Bjarnason, mencetak gol penentu satu poin pertama yang diraih Islandia di putaran final Piala Eropa lewat tendangannya pada menit 50 yang menyudahi keunggulan Portugal yang tercipta melalui gol Nani pada menit 31.

Portugal sepanjang laga tampil mengendalikan permainan dengan penguasaan bola 66 persen dan 25 kali percobaan tembakan yang 10 di antaranya menemui sasaran.

Barisan pertahanan Islandia yang tampil disiplin membatasi ruang gerak bintang Portugal, Cristiano Ronaldo, dan kesigapan penjaga gawang Hannes Thor Halldorsson mengawal mulut gawang di waktu-waktu penting menjadi kunci keberhasilan tim besutan Heimir Hallgrimson itu mencuri satu poin dari laga debut mereka di kompetisi paling bergengsi antarnegara Eropa itu.

Nani memecah kebuntuan dan membawa Portugal unggul pada menit 31 melalui bangunan serangan nan cantik berawal dari bek kanan Vierinha yang merangsek maju melepaskan bola kepada Andre Gomes di tepian dalam kotak penalti yang segera diteruskan dengan umpan tarik kepada Nani.

Sontekan dingin nan terarah dari Nani ke area tiang dekat memaksa Halldorsson memungut bola dari gawangnya.

Setelah turun minum dalam keadaan tertinggal, Islandia yang tampil lepas tanpa beban justru berhasil menyamakan kedudukan saat babak kedua memasuki lima menit.

Dari sisi sayap kanan Johann Berg Gudmundsson menggiring bola dan menusuk ke dalam sebelum melepaskan umpan silang terarah kepada Bjarnason yang berdiri sendirian tanpa kawalan pemain Portugal, dengan sebuah tendangan kaki kanan Bjarnason sukses menaklukkan penjaga gawang Rui Patricio sekaligus menyamakan kedudukan 1-1.

Kedudukan imbang memicu semangat Portugal kembali memperoleh keunggulan namun kombinasi disiplin pertahanan kuartet pemain belakang Islandia ditambah kesigapan Halldarsson sukses menjaga gawang mereka dari kebobolan.

Sebaliknya, di tengah tekanan Islandia juga sekali dua kali menebar ancaman dari serangan balik termasuk saat pemain pengganti Alfred Finnbogason melepaskan tendangan dari tepian kotak penalti pada menit 87 yang sayangnya masih tepat mengarah ke Patricio.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Portugal (4-3-1-2): Rui Patricio (PG); Vieirinha, Pepe, Ricardo Carvalho, Raphael Guerreiro; Andre Gomes (Eder), Danilo Pereira, Joao Mario (Ricardo Quaresma); Joao Moutinho (Renato Sanchez); Nani, Cristiano Ronaldo
Pelatih: Fernando Santos

Islandia (4-4-2): Hannes Thor Halldorsson (PG); Birkir Saevarsson, Ragnar Sigurdsson, Kari Arnason, Ari Freyr Skulason; Johann Berg Gudmundsson (Tedy Bjarnason), Aron Gunnarsson, Gylfi Sigurdsson, Birkir Bjarnason; Jon Dadi Boedvarsson , Kolbein Sogthorsson (Alfred Finnbogason)
Pelatih: Heimir Hallgrimsson.

Editor: Suryanto
(*)