Euro 2016 - Imbang 0-0, Jerman dan Polandia berbagi satu poin

id Liga Eropa

Euro 2016 - Imbang 0-0, Jerman dan Polandia berbagi satu poin

Pemain tim nasional Polandia Slawomir Peszo (kanan) menerima kartu kuning dalam laga penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 melawan Jerman di Stadion Stade de France, Saint-Denis, Prancis, Jumat (17/6/2016) dini hari WIB. (KENZO TRIBOUILLARD / AFP) (1)

Saint-Denis, Prancis (ANTARA News) - Tim nasional Jerman dan Polandia bermain imbang 0-0 dalam laga penyisihan Grup C Piala Eropa 2016 di Stadion Stade de France, Saint-Denis, Prancis, Jumat dini hari WIB.

Hasil itu membuat keduanya berbagi satu poin dan sama-sama mengantongi total empat poin dari dua laga yang sudah dijalani, namun Jerman berada di puncak klasemen lantaran memiliki catatan agregat gol yang lebih baik yakni surplus dua ketimbang surplus satu milik Polandia.

Dengan demikian Grup C masih harus menunggu hasil laga penyisihan ketiga untuk memastikan siapa tim yang berhak melaju ke babak 16 besar mewakili grup tersebut, sebab di laga lain yang berlangsung lebih awal Irlandia Utara mengalahkan Ukraina 2-0.

Jerman tampil lebih dominan sepanjang laga sebagaimana statistik Opta mencatat tim besutan Joachim Loew itu menguasai 69 persen pengendalian bola, namun dari 16 kali percobaan tembakan yang mereka lepaskan hanya tiga yang menemui sasaran, itupun tak membuahkan gol.

Sebaliknya, Polandia yang berada di bawah tekanan hanya melepaskan tiga kali percobaan tembakan yang tak satupun menemui sasaran, penjagaan ketat atas Robert Lewandowski menjadi salah satu penyebabnya.

Babak pertama tak satupun peluang berbahaya diperoleh kedua tim, namun Polandia yang tidak diunggulkan justru membuka babak kedua dengan menebar ancaman di hadapan gawang Jerman.

Serangan pertama yang mereka lakukan di babak kedua berujung pada umpan silang yang dilepaskan Kamil Grosicki kepada Arkadiusz Milik yang berdiri bebas tanpa kawalan berarti, sayang penyerang Ajax Amsterdam itu tak mampu menyambut bola dengan sempurna dan bola tandukannya mengenai badannya sendiri sebelum memantul ke samping gawang.

Tak mau ketinggalan, Jerman juga segera melakukan ancaman di serangan pertama mereka di babak kedua, melalui tendangan Mario Goetze yang sayangnya masih tepat mengarah ke penjaga gawang Lukasz Fabianski.

Menit 59, sebuah jegalan penting dilakukan bek Jerome Boateng terhadap rekan setimnya di Bayern Muenchen Robert Lewandowski yang cukup membantu gawang Jerman aman dari ancaman penyerang klinis tersebut.

Pada menit 69 Milik kembali membuang peluang saat lagi-lagi gagal menyelesaikan umpan kiriman Grosicki di hadapan gawang yang dikawal Manuel Neuer.

Polandia hampir saja membayar mahal atas kegagalan tersebut sebab semenit berselang Mesut Oezil melepaskan tendangan dari dalam kotak penalti yang beruntung masih bisa ditepis Fabianski.

Selepas itu tak ada peluang berarti dan kedua tim harus puas dengan hasil imbang kala wasit Bjorn Kuipers meniup peluit tanda laga usai.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA.

Jerman (4-2-3-1): Manuel Neuer (PG); Benedikt Hoewedes, Jerome Boateng, Mats Hummels, Jonas Hector; Sami Khedira, Toni Kroos; Thomas Mueller, Mesut Oezil, Julian Draxler (Mario Gomez); Mario Goetze (Andre Schuerrle)
Pelatih: Joachim Loew

Polandia (4-4-2): Lukasz Fabianski (PG); Lukasz Piszczek, Kamil Glik, Michal Pazdan, Artur Jedrzejczyk; Jakub Blaszczykowski (Bartosz Kapustka), Grzegorz Krychowiak, Krzysztof Maczynski (Tomasz Jodlowiec), Kamil Grosicki (Slawomir Peszko); Arkadiusz Milik, Robert Lewandowski
Pelatih: Adam Nawalka.

Editor: Suryanto
(*)