Wabup Sumbawa Barat ajak wisatawan kunjungi Pulau Kenawa

id Pulau Kenawa

Wabup Sumbawa Barat ajak wisatawan kunjungi Pulau Kenawa

Dokumen - Sebuah perahu nelayan melintas dekat pulau Kenawa di perairan selat Alas, Kecamatan Pototano, Taliwang, Sumbawa Barat, NTB. (ANTARA FOTO) (1)

"Keindahan dua pulau itu dan panorama dasar lautnya tidak kalah dengan tempat-tempat lain di seluruh dunia"
Sumbawa Barat (Antara NTB) - Wakil Bupati Sumbawa Barat Fud Syaefuddin mengajak wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk berkunjung ke Pulau Kenawa dan Pulau Paserang di Selat Alas.

"Keindahan dua pulau itu dan panorama dasar lautnya tidak kalah dengan tempat-tempat lain di seluruh dunia. Jadi tidak rugi bagi wisatawan dan biro wisata memasukkan kedua pulau ini menjadi destinasi wisata yang akan dikunjungi," kata Fud Syaefuddin, di Sumbawa Barat.

Pulau Kenawa dan Paserang, masuk dalam gugusan Gili Balu di pesisir barat hingga selatan Kabupaten Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Setiap akhir pekan, kedua pulau tersebut ramai dikunjungi wisatan lokal, nasional dan mancanegara untuk berkemah dan menikmati panorama pantai berpasir putih, padang savana, matahari terbit, matahari tenggelam, memancing, dan menikmati keindahan puncak Gunung Rinjani di Pulau Lombok, NTB, maupun untuk menikmati panorama bawah laut yang masih sangat alami.

Untuk menuju kedua pulau indah tersebut menggunakan akses transportasi perahu cepat dengan waktu tempuh sekitar 15 hingga 30 menit dari Pelabuhan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat.

Wisatawan yang hendak berkunjung akan dengan mudah mendapatkan transportasi dari dermaga di Desa Poto Tano, dengan tarif Rp20 ribu per orang menuju Pulau Kenawa, dan Rp50 ribu per orang menuju Pulau paserang.

Pulau Paserang saat ini dikelola oleh PT Nusantara Oriental Permai (NOP), sedangkan Pulau Kenawa dan enam pulau kecil lain hak pengelolaannya diberikan kepada PT Eco Solution Lombok (ESL).

PT NOP saat ini telah mulai melaksanakan kegiatan pembangunan bungalow, fasilitas lainnya dan berencana akan melaskanakan "soft opening" pada akhir tahun 2016, sedangkan PT ESL masih dalam proses pengurusan perizinan.

Wabup berjanji, pemerintah daerah mendukung penuh investasi untuk pengelolaan pulau-pulau kecil di Sumbawa Barat, dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.

"Sementara ini sebelum investasi itu berjalan, kita akan berupaya untuk meningkatkan fasilitas di kedua pulau tersebut, seperti tempat sampah dan air bersih agar wisatawan yang datang berkunjung betah," katanya.

Fud juga menghimbau masyarakat lokal untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para wisatawan yang datang berkunjung dan ikut ambil bagian dalam menjaga kebersihan dan keamanan.

Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat, lanjutnya, juga akan mengintensifkan promosi baik berskala nasional maupun internasional, agar jumlah wisatawan yang berkunjung terus meningkat.

"Awal Agustus nanti, kami akan menggelar kegiatan pelepasan tukik (anak penyu) dan promosi wisata di Pulau Paserang, yang akan menghadirkan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat," ucapnya. (*)