NTB Gelar Mengaji 1.000 Orang Sambut MTQ Nasional

id MTQ NASIONAL

NTB Gelar Mengaji 1.000 Orang Sambut MTQ Nasional

Lanskap Islamic Center NTB dengan menara 99 Asma'ul Husna atau minaret masjid setinggi 99 meter berdiri megah di kota Mataram, NTB. ANTARA/Ahmad Subaidi.

"Agar semaan Alquran dan khodmil Alquran ini sampai dan dinikmati masyarakat, dilakukan live streaming karena kemungkinan akan memecahkan rekor MURI mengingat dilakukan oleh 1.000 orang,"
Mataram (Antara NTB) - Menyambut pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional ke-26 sejumlah rangkaian acara telah disiapkan Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat, salah satunya membaca (mengaji) dan menyimak Alquran yang diikuti 1.000 orang hafiz dan hafizah.

Kepala Biro Humas dan Protokol Setda NTB Yusron Hadi di Mataram, Senin, mengatakan kegiatan mengaji Alquran itu akan dilaksanakan pada 27 Juli, mulai pukul 07.00 sampai 14.00 Wita.

"Nanti kegiatan mengaji bersama 1.000 orang ini akan dilakukan di sepanjang jalan depan Kantor Gubernur NTB," kata Yusron Hadi.

Ia menjelaskan, kegiatan mengaji secara massal yang dilakukan oleh 1.000 orang ini, digagas oleh Ikatan Persaudaraan Qori Qoriah dan Hafiz dan Hafizah (Ipqoh) NTB.

"Selain kegiatan ini, kata Yusron, juga dilaksanakan kegiatan barzanji yang akan memecahkan rekor MURI, karena di ikuti ribuan orang dan dilakukan mulai perempatan jalan Bank Indonesia hingga Pendopo Gubernur NTB 3-4 km. Kemudian, sebelum pembukaan tanggal 30 Juli akan ada pawai ta`aruf," jelasnya.

Sedangkan, untuk peserta dari 34 provinsi sudah akan tiba di NTB pada tanggal 27 Juli, dilanjutkan registrasi peserta pada tanggal 28 Juli. Sedangkan pelaksanaan MTQ Nasional akan dilakukan dari tanggal 29 Juli hingga 6 Agustus 2016.

Sementara itu Ketua Pelaksana Semaan dan Sekretaris Ipqo NTB M Zaidi Abdad menjelaskan kegiatan semaan Alquran dan khodmil Alquran yang di ikuti 1.000 orang tersebut, dimaksudkan untuk membumikan Alquran, khususnya dikalangan generasi muda di NTB. Disamping untuk menjunjung tinggi rasa kemanusiaan.

"Membaca Alquran penting dalam membangun moral generasi muda," ujarnya.

Ia mengatakan, nantinya dari 1.000 orang semaan Alquran dan khodmil Alquran ini, terbagi dalam kelompok-kelompok yang beranggotakan 6 orang. Masing-masing perorang akan membaca 5 jus Alquran dari 30 jus yang ada di dalam kita suci Alquran.

"Agar semaan Alquran dan khodmil Alquran ini sampai dan dinikmati masyarakat, dilakukan live streaming karena kemungkinan akan memecahkan rekor MURI mengingat dilakukan oleh 1.000 orang," ucapnya.

Kemudian lanjutnya, selain akan membaca Alquran Ikatan Persaudaraan Qori Qoriah dan Hafiz dan Hafizah (Ipqoh) NTB, juga akan melaksanakan Muktamar yang rencananya dibuka oleh Menko PMK Puan Maharani. Kegiatan ini akan di ikuti 350 orang dari seluruh Indonesia, tidak lain merupakan para kafilah MTQ Nasional.

"Kegiatan muktamar Ipqoh dilakukan selama 3 hari. Akan ada diskusi dengan pembicara Menteri Dalam Negeri, Kapolri, Menteri Agama dan Gubernur NTB," tandas Zaidi Abdad. (*)