Dpc PPP Minta Bupati Laksanakan Mutasi Menyeluruh

id ppp ksb

Dpc PPP Minta Bupati Laksanakan Mutasi Menyeluruh

Ketua DPR PPP Sumbawa Barat Amirudin Embeng

Evaluasi kami menunjukkan hanya 40 persen kepala dinas/kepala badan dan kepala kantor (eselon III) yang bisa bekerja. Ini bisa menjadi batu sandungan untuk percepatan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat,"
Sumbawa Barat (Antara NTB) - Dewan Pimpinan cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kabupaten Sumawa Barat meminta Bupati setempat melaksanakan mutasi/reposisi menyeluruh terhadap pejabat eselon II, khususnya kepala dinas/ Kepala Badan untuk memaksimalkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

"Evaluasi kami menunjukkan hanya 40 persen kepala dinas/kepala badan dan kepala kantor (eselon III) yang bisa bekerja. Ini bisa menjadi batu sandungan untuk percepatan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat," ujar Sekretaris DPC PPP Sumbawa Barat, Amiruddin Embeng, Rabu.

PPP mencatat sejumlah kelemahan yang dominan dikalangan pejabat eselon II selama ini antara lain kemampuan leadership yang lemah yang berimbas pada tidak tercapainya program kerja yang direncanakan, tidak inovatif, tidak mampu berkoordinasi di internal dan lintas instansi dan tidak memiliki jaringan yang luas.

Padahal, kata dia, jaringan yang luas dan kuat khususnya di pusat sangat penting guna memaksimalkan realisasi program pusat ke daerah.

Embeng mengingatkan bahwa Diawal masa kepemimpinannya, bupati dan wakil bupati telah mencanangkan program pengentasan kemiskinan melalui sejumlah program berbazis gotong royong, bahkan menargetkan lima tahun kedepan tidak ada lagi warga KSB yang miskin.

"Target ini mustahil dicapai jika kinerja aparatur khususnya eselon II dan III yang menjadi leader di instansi masing-masing berada dibawah standart. Karena itu penting bagi bupati untuk melaksanakan mutasi menyeluruh," ucapnya.

PPP, menurut Embeng, juga mendukung rencana Bupati melaksanakan uji kepatutan dan kelayakan kepada calon pejabat dan melelang jabatan eselon II.

"Kami dukung, karena dengan demikian pejabat yang benar-benar memiliki kompetensi yang akan terpilih," tandasnya.

Mutasi pertama di masa kepemimpinan Bupati dan wakil bupati HW Musyafirin - Fud Syaefuddin, sudah dipastikan akan terlaksana pada Agustus mendatang.

Bupati HW Musyafirin sebelumnya menyatakan mutasi yang akan meliputi pejabat eselon II, III dan IV akan dilaksanakan setelah pelantikan Sekretaris Daerah definitif yang sekarang sedang berproses.

"Pelantikan Sekda insyaAllah dilaksanakan awal Agustus," katanya(*)