RSUD Mataram Akan Buka Layanan "Ojek Farmasi"

id Ojek Farmasi

RSUD Mataram Akan Buka Layanan "Ojek Farmasi"

Dokumen - Warga lanjut usia memperoleh layanan kesehatan gratis dari pemerintah. (ANTARA News) (1)

"Pelayanan ojek farmasi ini diprioritaskan bagi pasien lanjut usia (Lansia) dan memiliki bayi"
Mataram (Antara NTB)- Rumah Sakit Umum Daerah Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dalam waktu dekat ini akan membuka pelayanan baru berupa program "ojek farmasi".

Kepala Bagian Humas Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram Lalu Hardimun di Mataram, Minggu, mengatakan, ojek farmasi adalah pelayanan pengantaran obat pasien langsung ke rumahnya.

"Pelayanan ojek farmasi ini diprioritaskan bagi pasien lanjut usia (Lansia) dan memiliki bayi," katanya.

Dikatakan, pembukaan pelayanan ojek farmasi ini merupakan salah satu bentuk peningkatan pelayanan masyarakat dalam bidang kesehatan dan menigkatkan kenyaman pasien.

Ide ojek farmasi ini dilatarbelakangi karena banyaknya pasien lansia dan memiliki bayi tidak betah menunggu antrean panjang di Apotek, meskipun faslitas ruang tunggu menggunakan AC.

"Kita kasian melihat pasien lansia dan bayi, yang sudah mengikuti beberapa antrean mulai dari pendaftaran, pelayanan di polikliik, belum lagi jika ke labolatorium, dan terakhir ke Apotek," katanya.

Oleh karena itu, lanjutnya, pihak RSUD Mataram berinisiatif membuka pelayanan ojek farmasi guna membantu masyarakat agar tidak lama antre dan pelayanan ojek farmasi diberikan secara gratis.

"Segala biaya operasional petugas yang bertugas mengantar obat ke rumah pasien ditanggung pihak rumah sakit," katanya.

Untuk tahap pertama ini, petugas yang akan ditempatkan melayani ojek farmasi satu orang, yang dilengkapi dengan fasilitas kendaraan sepeda motor.

"Pasien yang akan mendapatkan pelayanan ojek farmasi, dapat langsung mendaftar di Apotek dan meninggalkan kartu tanda penduduk(KTP), agar obat mereka tidak tertukar," katanya. (*)