Pelindo III Gandeng Bank NTB dan Jatim

id Bank NTB

Pelindo III Gandeng Bank NTB dan Jatim

Direktur PT Bank NTB H Komari Subakir menerima cenderamata dari pejabat PT Pelindo III. (ANTARA NTB/Awaludin) (1)

"Kerja sama ini diharapkan mampu meningkatkan pertumbuhan bisnis dan pembangunan daerah"
Lombok Barat (Antara NTB) - Perseroan Terbatas Pelabuhan Indonesia III menggandeng PT Bank NTB dan PT Bank Jatim untuk memberikan kemudahan layanan transaksi kepada para pengguna jasa kepelabuhanan.

Kerja sama tersebut dituangkan dalam penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) III dengan dua bank pembangunan daerah (BPD) tersebut di kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB), Rabu.

Komitmen sinergi Pelindo III dengan dua BPD tersebut ditandatangani oleh Direktur Utama Pelindo III, Orias Petrus Moedak, Direktur Keuangan Pelindo III, U Saefudin Noer, Direktur Utama Bank NTB, Komari Subakir, Direktur Utama Bank Jatim, Soeroso, serta Direktur Bisnis Menengah dan Korporasi Bank Jatim, Su`udi.

Sebelumnya, acara serupa juga telah diselenggarakan pada Agustus tahun 2016, dengan menggandeng lima BPD, yakni Bank Jateng, Bank Kalsel, Bank Kalteng, Bank Bali, dan Bank NTT.

Direktur Utama Pelindo III, Orias Petrus Moedak, menjelaskan tujua kerja sama tersebut untuk mempercepat dan memudahkan kelancaran transaksi pembayaran jasa kepelabuhanan antara Pelindo III dengan pengguna jasanya melalui "host to host system", guna meningkatkan kinerja usaha dengan prinsip saling menguntungkan.

"Fasilitas dan layanan perbankan `host to host system` meliputi koleksi otomatis dan fasilitas elektronik, di antaranya internet banking, cash management system, ATM, SMS banking, dan electronic data capture," ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, kerja sama tersebut juga mencakup pembukaan rekening penerimaan dengan menggunakan mekanisme "cash management", penempatan deposito.

Selain itu, pemilihan BPD sebagai penerbit bank garansi untuk pelaksanaan program investasi di lingkungan kerja Pelindo III, dan pemasangan ATM, khususnya di terminal penumpang di masing-masing pelabuhan cabang yang dikelola oleh Pelindo III.

Menurut Orias, kerja sama tersebut merupakan wujud nyata Pelindo III untuk bersinergi dengan bank daerah guna memacu pembangunan daerah dan mendorong peningkatan perekonomian nasional.

Penggunaan layanan perbankan dalam transaksi kepelabuhanan akan mempermudah proses bisnis di Pelindo III.

"Layanan ini tentunya akan memberikan kemudahan untuk pengguna jasa pelabuhan dalam proses transaksi keuangan, sehingga dapat meningkatkan produktivitas di pelabuhan karena terkait dengan proses bisnis di lapangan," katanya.

Sementara itu, Direktur Bisnis Menengah dan Korporasi Bank Jatim, Su`udi, menyatakan, tujuan MoU tersebut guna mengoptimalkan sumber daya yang dimiliki masing-masing pihak dan sebagai wadah dalam memanfaatkan sistem pelayanan jasa perbankan yang tersedia dengan fasilitasi perbankan yang dibutuhkan oleh Pelindo III.

"Layanan perbankan tersebut dapat mendukung Pelindo III dalam meningkatkan efisiensi sekaligus mendorong pengembangan bisnis Pelindo III," ucapnya.

Direktur Utama Bank NTB, Komari Subakir, juga mengapresiasi langkah Pelindo III menggandeng BPD.

Menurut dia, komitmen Pelindo III dengan bank daerah sangat bermanfaat dan mempunyai dampak yang luas kepada masyarakat di masing-masing daerah.

"Tidak hanya untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis, namun juga dapat meningkatkan pembangunan daerah di wilayah tersebut," ujarnya.

PT Pelindo III (Persero) adalah badan usaha milik negara yang bergerak dalam sektor perhubungan. Tugas, wewenang dan tanggung jawab Pelindo III mengelola 43 pelabuhan yang tersebar di tujuh provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur, serta memiliki 10 anak perusahaan dan afiliasi. (*)