Mataram Tuan Rumah "Lombok Marathon 2016"

id Lombok Marathon

Ada 2.800 peserta dari 20 negara sudah mendaftarkan diri
Mataram (Antara NTB)- Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan "Lombok Marathon 2016" yang digelar KONI provinsi itu dalam rangka Hari Ulang Tahun NTB ke-58, diikuti ribuan peserta dari berbagai daerah dan negara.
Ketua KONI NTB, H Andy Hadianto bertemu dengan Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh yang didampingi Sekretaris Daerah Kota Mataram H Effendi Eko Saswito di Kantor Wali Kota Mataram, Senin, melakukan pertemuan guna mempersiapkan kegiatan yang berskala internasional itu,.
Dalam kesempatan itu, Ketua KONI NTB Andy Hadianto mengatakan menurut rencana Lombok Marathon 2016 dilaksanakan 4 Desember 2016 dengan mengambil "start" di Senggigi dan "finish di depan Kantor Gubernur NTB.
"Kegiatan ini menyediakan total hadiah sampai Rp500 juta," katanya.
Ia mengatakan kegiatan pertama digelar di NTB ini, membuka dua kelas yakni, "full marathon" 42 kilometer dan "half marathon" 10 kilometer.
Rute pada semua kelas yang dibuka, menempuh jarak delapan kilometer melintasi Kabupaten Lombok Barat, selebihnya atau 95 persen rute ruas-ruas jalan Kota Mataram.
"2.800 peserta dari 20 negara sudah mendaftarkan diri," katanya.
Lombok Marathon 2016 dihajatkan untuk menjadi kegiatan tahunan di Pulau Lombok. Rute yang akan diambil dipastikan menyajikan pemandangan yang menarik bagi para peserta yang ditargetkan sampai dengan lima ribu orang dari berbagai Negara.
Melewati pesisir pantai, daerah persawahan, maupun wilayah perkotaan, dinilai rute marathon terbaik di Asia dan berstandar nasional.
"Dalam artian memenuhi syarat untuk dilakukan pemecahan rekor dunia," katanya.
Bila lomba yang pertama ini berlangsung sukses, tambahnya, bukan tidak mungkin pada pelaksanaan pada tahun-tahun mendatang akan seperti agenda "Tokyo Marathon" yang jumlah peserta sampai dengan 38 ribu orang.
Menanggapi paparan yang disampaikan Ketua KONI NTB Andy Hadianto, Wali Kota Mataram H Ahyar Abduh menyatakan pada prinsipnya Kota Mataram siap dan bersedia mempersiapkan apa saja yang dibutuhkan agar Kota Mataram tampak semarak menyambut lomba dalam rangka HUT NTB tersebut.
Untuk memastikan kegiatan berlangsung sukses, wali kota menyampaikan dua pesan yaitu, kesiapan secara umum, dan hal-hal yang bersifat teknis perlu untuk dipertajam kembali secara detail, agar kegiatan benar-benar menjadi perhatian,apalagi kegiatan kali ini yang berskala nasional atau bahkan internasional.
"Prinsipnya di Kota Mataram ini tiga sukses, yaitu sukses kegiatan, sukses pencitraan, dan sukses ekonomi," kata wali kota.
Pertemuan tersebut dihadiri pula oleh para camat, lurah serta jajaran kepala dan perwakilan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait Pemerintah Kota Mataram. (*)