NTB Mantapkan Persiapan Lari Lombok Marathon 2016

id LOMBOK MARATHON

Persiapan itu mulai jalur yang di gunakan para pelari mulai garis star hingga finish
Mataram (Antara NTB) - Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat bersama Koni memantapkan persiapan lomba lari Lombok Marathon pada 4 Desember 2016.

"Persiapan itu mulai jalur yang di gunakan para pelari mulai garis star hingga finish," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata NTB Lalu Moh Faozal di Mataram, Kamis.

Ia menjelaskan, sebagai tuan rumah tentu NTB ingin lomba lari Lombok Marathon 2016 bisa menjadi agenda pariwisata sport tourism, selain pariwisata alam dan budaya. Karena, pada 2017, NTB sudah mengagendakan tujuh "sport tourism" dalam upaya pemerintah provinsi memperkaya event pariwisata di daerah itu, sehingga menarik wisatawan untuk datang.

"Kita ingin, dengan kegiatan itu, nama NTB semakin di kenal, tidak hanya pada batas keindahan alam dan keanekaragaman budayanya tetapi juga pariwisata sport tourismnya dan Lombok menjadi lokasi utama," jelasnya.

Karena itu, kata Faozal, agar para peserta nyaman selama mengikuti lomba, jalur-jalur yang akan dilaui para pelari akan di jaga pihak keamanan. Termasuk, akan ada hiburan musik dan kebudayaan lokal.

"Akan ada penutupan jalan dan pengalihan arus di sejumlah rute yang di lalui," terangnya.

Sementara Sekretaris Koni NTB H Suhaimi mengatakan lomba lari Lombok Marathon dipastikan akan di ikuti ratusan atlet dari 16 negara. Di antaranya Malaysia, Thailand, Amerika Serikat, Portugal, Kenya, Prancis, Jerman, Inggris, Jepang, Filipina, Brasil Honkong, Singapura, Itali, Timor Leste, dan Australia.

"Kita menargetkan jumlah peserta mencapai 5.000 orang, di mana 60 persennya berasal dari dalam negeri dan 40 persen dari luar negeri.

Jumlah atlet yang sudah mendaftarkan diri sudah mencapai 60 persen dari target. Di mana, sekitar 300 orang berasal dari luar negeri.

"Tidak ketinggalan Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi juga ikut dalam Lombok Marathon 2016," imbuhnya.

Bagi para pemenang akan mendapatkan hadiah uang dan penghargaan dari panitia. Dengan total hadian yang diperebutkan sebesar Rp500 juta. (*)