10 Dubes Timur Tengah Kunjungi NTB

id DUBES TIMTENG NTB

Kita tahu dana-dana di dunia ini, selain di China juga banyak dari Timur Tengah. Selama ini mereka banyak berinvestasi di seluruh dunia dan di Indonesia masih minim, makanya kita dorong supaya berinvestasi di NTB
Mataram (Antara NTB) - Sedikitnya 10 duta besar untuk Indonesia dari sejumlah negara di kawasan Timur Tengah mengunjungi Nusa Tenggara Barat.

Gubernur NTB TGH M Zainul Majdi di Mataram, berharap kedatangan 10 duta besar dari Timur Tengah itu bisa membuka peluang untuk membangun NTB dengan potensi-potensinya yang dimiliki.

"Insyallah NTB memiliki potensi yang sangat besar," kata Gubernur.

Ia menuturkan dalam pertemuannya dengan 10 duta besar negara di Timur Tengah, pihaknya membuka ruang agar negara di kawasan itu, bisa berinvestasi di NTB. Mulai sektor pertanian, perdagangan, pariwisata, pertambangan dan di bidang-bidang lain.

"Kita tahu dana-dana di dunia ini, selain di China juga banyak dari Timur Tengah. Selama ini mereka banyak berinvestasi di seluruh dunia dan di Indonesia masih minim, makanya kita dorong supaya berinvestasi di NTB," ucapnya.

Kedatangan para duta besar negara Timur Tengah itu, dalam rangka menghadiri acara bertajuk "Familirization Trip For Ambassadors Of Middle East Countries, Promoting Cooperation in the Field Of Trade, Tourism and Investment"

Menurut Gubernur, kedatangan 10 dubes tersebut difasilitasi Kementerian Luar Negeri, yang diberi tugas untuk menjaring investasi di seluruh provinsi. Salah satu yang dianggap paling potensial, yakni NTB.

"Jadi provinsi NTB merupakan provinsi pertama yang didatangi oleh para duta besar itu," ujarnya.

Zainul Majdi menambahkan, banyak potensi NTB selama ini belum seutuhnya diketahui oleh para duta besar negara Timu Tengah. Karenanya, dengan pertemuan itu, kata Gubernur para dubes tersebut semakin semangat dan akan menjadi jembatan bagi para investor dari negara masing-masing untuk bisa berkomunikasi dengan pihak NTB.

"Kita tunggu saja apa hasil "follow up" dari pertemuan yang sudah kami lakukan,"imbuhnya.

Sebanyak 10 dura besar Timur Tengah itu di antaranya Osama Mohammad Abdullah Al-Shuibi, Duta Besar Saudi Arabia, Sayyid Nazar bin Al-Julanda bin Majid Al Said, Duta Besar Oman, Mourad Belhassen, Duta Besar Tunisia, Mohamed Majdi, Duta Besar Maroko.

Selanjutnya, Ahmed Jassim Al-Hamar, Duta Besar Qatar, Yasser Al Haddad, Duta Besar Bahrain, Sadegh MO Bensadegh, Duta Besar Libya, Mohamed Ali Saleh Al Najar, Duta Besar Yaman, Abdullah Hassan Salih, Duta Besar Irak, Amr Moawad, Duta Besar Mesir.

Para duta besar dari Timur Tengah ini didampingi M Adhi Prakoso Dipo Perwakilan International Development Bank (IDB) dam Nurul Aulia Duta Besar Indonesia untuk Timur Tengah. (*)