Lombok Taksi Terapkan Layanan Berbasis "Online"

id blue bird

Lombok Taksi Terapkan Layanan Berbasis "Online"

"Bagi masyarakat yang mengakses aplikasi `My Blue Bird` di arena CFD akan mendapatkan ice cream magnum walls gratis"
Mataram (Antara NTB) - Manajemen Lombok Taksi (Blue Bird Group) menerapkan layanan berbasis "online" dengan aplikasi "My Blue Bird" untuk memudahkan konsumen melakukan pemesanan armada.

Manajer Pool Lombok Taksi Amir Muslim, di Mataram, Jumat, mengatakan layanan berbasis "online" tersebut sudah diterapkan sejak beberapa waktu lalu. Namun akan diluncurkan secara resmi di arena "Car Free Day" (CFD) di Jalan Udayana Kota Mataram, Minggu (25/12).

"Bagi masyarakat yang mengakses aplikasi `My Blue Bird` di arena CFD akan mendapatkan ice cream magnum walls gratis," katanya.

Kota Mataram, kata dia, merupakan kota ketujuh di Indonesia sebagai wilayah kerja Blue Bird Group yang menerapkan layanan berbasis "online", yakni Jakarta, Surabaya, Bali, Semarang, Medan, dan Bandung.

Aplikasi yang memanfaatkan teknologi telepon seluler berbasis android tersebut bertujuan mempermudah layanan kepada konsumen, terutama dari kalangan wisatawan.

"Lombok sudah menjadi daerah tujuan wisata orang asing. Wisatawan itu rata-rata mencari armada transportasi darat menggunakan media online," ujarnya.

Ia menyebutkan, beberapa kelebihan menggunakan aplikasi "My Blue Bird", di antaranya pemesanan armada dapat dilakukan dengan memenukan langsung kapan waktu penjemputan oleh supir taksi.

Selain itu, dapat memberikan penilaian terhadap pelayanan taksi selama perjalanan.

Kelebihan lainnya, lanjut Amir, adalah pembayaran dapat dilakukan menggunakan nontunai melalui aplikasi. Dan pengguna aplikasi akan menerima informasi promo menarik setiap waktu.

Aplikasi tersebut juga bisa memberikan informasi kepada pelanggan tentang jarak tempuh dan estimasi biaya.

"Jarak tempuhnya dapat dicek melalui GPS sehingga waktu tempuh normal dapat diketahui ongkos yang akan dibayarkan. Tetapi tarif tetap mengacu pada Surat Keputusan Gubernur Gubernur NTB," katanya.

Meskipun sudah menerapkan layanan berbasis `online`, kata Amir, pemesanan armada Lombok Taksi masih bisa dilakukan secara manual melalui nomor telepon 0370-627000 yang berlaku 24 jam.

"Aplikasi telepon genggam berbasis android itu karena mengikuti perkembangan zaman. Apalagi permintaan terhadap taksi bukan hanya orang lokal, tapi banyak juga dari wisatawan yang berkunjung ke Lombok, terutama mancanegara," ujarnya.

Menurut Amir, Lombok adalah salah satu daerah yang menjadi tujuan wisata para turis domestik dan mancanegara dengan jumlah kunjungan mencapai lebih dari dua juta orang pada 2015.

Setiap wisatawan yang datang ke Lombok sudah pasti membawa fasilitas komunikasi berupa telepon genggam pintar.

"Makanya, Lombok Taksi menjadi salah satu prioritas manajemen Blue Bird Group untuk diberikan ruang memanfaatkan aplikasi `My Blur Bird`," ucapnya. (*)