NTB Pasok Cabai ke Sejumlah Provinsi

id Cabai NTB

NTB Pasok Cabai ke Sejumlah Provinsi

Ilustrasi - Petani panen cabai. (ANTARA FOTO) (1)

"Total cabai yang dikirim ke luar daerah periode Januari-November 2016 sebanyak 4.292 ton"
Mataram (Antara NTB) - Kepala Biro Perekonomian Sekretariat Daerah Nusa Tenggara Barat Manggaukang Raba mengatakan cabai yang diproduksi petani di daerahnya dikirim ke sejumlah provinsi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat di wilayah itu.

"Total cabai yang dikirim ke luar daerah periode Januari-November 2016 sebanyak 4.292 ton," katanya usai acara pelepasan iring-iringan mobil operasi pasar cabai milik Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional NTB.

Ia menyebutkan, jumlah cabai yang dikirim dari NTB ke sejumlah provinsi sepanjang Januari-November 2016 meningkat 84 persen dibanding periode yang sama tahun 2015.

Khusus pada November 2016, jumlah cabai yang keluar NTB melalui empat pelabuhan dan bandara sebanyak 542 ton. Daerah yang menjadi tujuan pengiriman adalah Bali, Surabaya, Jakarta, Manado, Bandung, Batam, dan Riau.

Adapun realisasi produksi cabai rawit di NTB, pada November 2016 sebanyak 2.570 ton, sedangkan cabai besar 787 ton.

Menurut Manggaukang, pengiriman cabai ke luar daerah masih terus berlangsung. Apalagi harga komoditas tersebut saat ini relatif mahal di daerah lain, yakni mencapai Rp150.000 hingga Rp200.000 per kilogram.

"Para petani dan pengumpul di Lombok, juga banyak mengirim ke luar daerah karena mengejar harga mahal itu," ujarnya.

Melihat permintaan cabai dari provinsi lain yang cukup bagus, kata Manggaukang, Dinas Pertanian Tanaman Pangan NTB terus memperluas lahan tanam.

Para petani juga diarahkan untuk melakukan penanaman cabai di luar musim agar komoditas tersebut tetap tersedia sepanjang musim.

"Kami juga mendorong penanaman cabai dengan memanfaatkan pekarangan," katanya. (*)