Penerbangan Malaysia-lombok Jadi Tiga Kali Sehari

id PENERBANGAN LOMBOK

Setiap hari ada tiga penerbangan langsung yang akan mengantar wisatawan dari Malaysia ke NTB
Lombok Tengah (Antara NTB) - Maskapai AirAsia membuka rute penerbangan Malaysia ke Lombok, Provinsi Nusa Tenggara Barat menjadi tiga kali dalam sehari.
"Sebanyak 95 persen yang datang adalah wisatawan yang menuju Lombok International Airport dari Malaysia," kata General Manager Angkasa Pura I Lombok International Airport (LIA) I Gusti Ngurah Arditha, di Lombok Tengah, Kamis.
Ardita menyebutkan contoh, total 160 penumpang dari 180 kursi yang datang dalam penerbangan dari Malaysia pada Kamis ini.
"Setiap hari ada tiga penerbangan langsung yang akan mengantar wisatawan dari Malaysia ke NTB," ujarnya lagi.
Tahun ini, kata Ardita, NTB telah menargetkan kunjungan wisatawan mencapai 3,5 juta orang, meskipun, tidak banyak event nasional yang dapat diselenggarakan seperti pada tahun sebelumnya.
Upaya untuk dapat memenuhi target tersebut dilakukan penambahan penerbangan dari dalam dan luar negeri, seperti dari Malaysia sebelumnya hanya dua kali penerbangan dalam sehari, pada tahun ini ditambah menjadi tiga penerbangan.
"Kami menyambut baik penambahan penerbangan AirAsia Indonesia yang melihat di sini ada pasar, sehingga memutuskan untuk menambah penerbangan langsung dari Malaysia ke LIA Lombok," kata dia.
Arditha menambahkan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan termasuk bekerjasama dengan Dinas Pariwisata NTB.
Penerbangan langsung dari berbagai daerah yang menjadi langganan wisatawan ke NTB, juga akan terus dilakukan agar dapat mempermudah akses wisatawan ke NTB.
Negara yang potensial mendatangkan wisatawan ke NTB masih saja terkendala akomodasi.
Ia mencontohkan, wisatawan asal China yang datang ke NTB, harus singgah atau transit penerbangan di Bali, mengingat belum ada penerbangan langsung dari China menuju LIA di Lombok. (*)