Jasa Raharja NTB Salurkan Dana Program Kemitraan

id jasa raharja
Jasa Raharja NTB Salurkan Dana Program Kemitraan
Kepala PT Jasa Raharja Cabang Nusa Tenggara Barat Dasrul Aswad, di dampingi Kepala Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan Eko Mulyanto (kanan), menyerahkan secara simbolis dana program Kemitraan kepada salah seorang mitra binaan di Mataram. (Foto ANTARA NTB/Awaludin)
"Sembilan mitra binaan yang mendapatkan dana kemitraan berasal dari berbagai kabupaten di NTB, dengan berbagai macam usaha"
Mataram (Antara NTB) - PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Nusa Tenggara Barat menyalurkan dana program kemitraan untuk triwulan I/2017 senilai Rp225 juta kepada sembilan pelaku usaha mikro, kecil dan menengah yang menjadi mitra binaan.

Dana kemitraan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala PT Jasa Raharja Cabang Nusa Tenggara Barat (NTB) Dasrul Aswad, di dampingi Kepala Unit Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) Eko Mulyanto, di Mataram, Rabu.

"Sembilan mitra binaan yang mendapatkan dana kemitraan berasal dari berbagai kabupaten di NTB, dengan berbagai macam usaha, mulai dari jasa, industri hingga perdagangan," kata Dasrul.

Ia menjelaskan, PKBL merupakan program yang digariskan Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), kepada BUMN-BUMN dengan harapan dapat mengentaskan kemiskinan. Selain itu, untuk pemerataan ekonomi rakyat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

Program Kemitraan ditujukan untuk meningkatkan kemampuan usaha kecil mitra binaan Jasa Raharja agar menjadi tangguh dan mandiri sekaligus memberikan "multiplier effect" bagi kesejahteraan masyarakat.

Sementara program Bina Lingkungan merupakan program pemberdayaan kondisi sosial masyarakat di sekitar wilayah operasi Jasa Raharja melalui pemanfaatan dana dari bagian laba BUMN dan bersifat hibah.

PKBL, lanjut Dasrul, diatur dalam Peraturan Menteri BUMN PER-03/MBU/12/2016 tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dann Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara.

"Jadi sebagai salah satu BUMN, PT Jasa Raharja memiliki tanggung jawab besar, yaitu melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan melalui PKBL," ujarnya.

Selama 2016, kata dia, pihaknya telah menyalurkan dana program Kemitraan sebesar Rp600 juta kepada 29 mitra binaan dengan berbagai usaha.

Sementara dana program Bina Lingkungan yang sudah disalurkan sebesar Rp855,7 juta dengan berbagai fitur bantuan, di antaranya bantuan bagi korban bencana alam. Selain itu, bantuan ke sektor pendidikan, sarana ibadah, sarana umum, sosial pengentasan kemiskinan, pendidikan dan latihan, serta promosi mitra binaan.

Dasrul menambahkan, program Kemitraan memiliki program pokok berupa pinjaman modal bergulir dan pembinaan manajerial yang diberikan kepada mitra binaan dengan jasa administrasi menurun dengan total 4,5 persen per tahun.

"Kalau program Bina Lingkungan merupakan bantuan yang diberikan untuk meningkatkan kualitas hidup sosial masyarakat dan kelestarian lingkungan hidup," katanya. (*)

Editor: Awaludin

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga