PLN NTB Jamin Kecukupan Listrik Saat UNBK

id Listrik UBNK

PLN NTB Jamin Kecukupan Listrik Saat UNBK

"Listrik NTB sedang surplus, untuk pelaksanaan UNBK dari ketersediaan daya tidak ada masalah"
Mataram (Antara NTB) - PT Perusahaan Listrik Negara Wilayah Nusa Tenggara Barat menjamin kecukupan daya pasok listrik untuk kelancaran pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tahun 2017.

"Listrik NTB sedang surplus, untuk pelaksanaan UNBK dari ketersediaan daya tidak ada masalah," kata Manajer Sumber Daya Manusia dan Umum PLN Wilayah NTB Deddy Hidayat, di Mataram, Rabu.

Saat ini, kata dia, pasokan daya di sistem kelistrikan Lombok, Sumbawa, dan Bima dalam keadaan berlebih.

Untuk sistem kelistrikan Lombok memiliki daya mampu sebesar 260 megawatt (MW) dengan beban puncak mencapai 218 MW, sistem Sumbawa memiliki daya mampu sebesar 46,5 MW dengan beban puncak sebesar 41,6 MW.

Sementara untuk sistem Bima memiliki daya mampu sebesar 46 MW dengan beban puncak sebesar 42,8 MW.

Dari sisi jaringan, lanjut Deddy, pihaknya juga telah melakukan pemeliharaan secara rutin.

Pada saat pelaksanaan UNBK nantinya, PLN menjamin tidak akan ada padam karena pemeliharaan. Selain itu, PLN juga akan mengoptimalkan jaringan listrik ke sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK.

Sebagai upaya antisipasi, PLN juga meminta kepada sekolah-sekolah yang melaksanakan UNBK agar berkoordinasi dengan PLN.

"Koordinasi penting, agar kami juga bisa bantu mengecek kesiapan listrik di sekolah. PLN akan memperhitungkan beban listriknya. Khawatir, beban listrik lebih besar dari daya yang dimiliki sekolah," ujarnya.

Ia mengatakan, kendati pasokan listrik NTB aman, PLN tetap berharap pihak sekolah juga tetap menyiapkan mesin pembangkit listrik atau genset sebagaimana yang telah dipersyaratkan bagi sekolah penyelenggara UNBK.

"Penyediaan genset sebagai upaya antisipasi saja, meskipun daya dan jaringan siap, gangguan eksternal, misalnya hujan angin atau gangguan binatang bisa saja menyebabkan aliran listrik terganggu," kata Deddy.

Data yang diperoleh PLN, UNBK yang dilaksanakan di NTB, diikuti oleh 109 SMP, 207 SMA/MA dan 166 SMK.

Untuk UNBK tingkat SMA akan berlangsung mulai 10-13 April 2017, sedangkan untuk SMK berlangsung pada 3-6 April 2017. Pada tingkat SMP, UNBK akan dilaksanakan pada tanggal 2-8 Mei 2017. (*)