Stok Bahan Pokok NTB Aman Hingga Enam Bulan

id STOK BAHAN POKOK

Intinya, masyarakat jangan panik karena stok bahan pokok sudah dijamin tersedia hingga enam bulan ke depan, kepanikkan masyarakat bisa memicu kenaikan harga lebih tinggi lagi
Mataram (Antara NTB)- Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat, menyebutkan stok bahan pokok di daerah ini aman hingga enam bulan ke depan.
"Jadi masyarakat jangan panik akan kekurangan bahan pokok selama Ramadhan, Idul Fitri bahkan hingga Idul Adha 1438 Hijriah," kata Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat Hj Putu Selly Andayani di Mataram.
Kendati demikian pihaknya tetap akan melakukan inspeksi mendadak (sidak) secara berkala ke sejumlah gudang distributor maupun ke lokasi bongkar muat barang.
Tujuannya, untuk menjamin bahwa data stok aman yang diberikan benar-benar riil serta menghindari adanya permainan harga saat permintaan meningkat.
"Kami akui, meskipun sudah kami awasi kenaikan harga saat Ramadhan tidak bisa dihindari, karena itu kami imbau masyarakat menjadi konsumen yang cerdas," katanya.
Konsumen cerdas yang dimaksudkan adalah, masyarakat harus pandai menyesuaikan kebutuhan dengan kemampuan keuangan. Apabila harga tinggi, masyarakat jangan beli banyak tapi belilah sesuai kebutuhan.
"Intinya, masyarakat jangan panik karena stok bahan pokok sudah dijamin tersedia hingga enam bulan ke depan, kepanikkan masyarakat bisa memicu kenaikan harga lebih tinggi lagi," katanya.
Lebih jauh, Selly tidak merasa khawatir dengan Pelabuhan Padangbai Bali yang dermaganya hanya dua dan sering mengalami kerusakan menghambat distibusi bahan pokok ke daerah ini karena saat ini sudah ada penyeberangan langsung dari Surabaya ke Pelabuhan Lembar, Lombok.
"Kalaupun di Pelabuhan Padangbai terjadi kendala, tidak ngaruh karena sekarang kami ada jalur cepat Surabaya-Lembar," katanya.
Kondisi dermaga di Pelabuhan Padangbai hanya dua tidak sebanding dengan tiga dermaga di Pelabuhan Lembar sehingga menyebabkan lamanya proses bongkar muat di Lembar.
Di samping itu, untuk menjamin ketersediaan bahan pokok di daerah ini, pada tanggal 20 April 2017, tim dari Kementerian Perdagangan akan datang untuk menggelar rapat koordinasi bersama Kepala Dinas Perdagangan se-NTB.
"Selain rakor, tim juga akan melakukan cek gudang bahan pokok di sejumlah distributor sekaligus ke lokasi bongkar muat di Pelabuhan Lembar," katanya. (*)